Laporkan Penyalahgunaan

Cara Membuat Adonan Tiwul Dari Tepung Gaplek


Masih..edisi *per gaplek an* ya teman2..masaknya..hihi. Ini memenuhi request mba Ifa juga yang pengen tau cara buat tiwul..aku posting sekalian ya..mumpung kemaren aku juga buat. Enak banget dech tiwul buatan sendiri ini..karena bisa sesuai selera manis dan tingkat kematangannya. Di makan pagi2 sambil nge teh atau ngopi..kok ya enak banget ngalahin sandwich..hihihi..*lebay lagi..lol..! *

Nah..tiwul ini juga terbuat dari tepung gaplek. Kalau mau praktis..sekarang sich sudah banyak ya tepung gaplek instan yang tinggal kukus ya teman2. Tapi aku pernah coba kok kurang suka ya..hihi. Aku lebih suka tiwul asli yang fresh dari tepung tiwul..bukan instan yang sudah di kukus terus di keringkan kayak yang banyak di jual2 gitu..karena aku suka aroma alami gaplek..hihi. Jadi..ada beberapa cara membuat tiwul ya teman2..ada yang rasanya plain, tanpa rasa, itu biasa di sebut sego tiwul..atau nasi tiwul..yang di makan bersama lauk pauk. Ada juga yang di buat manis..adonannya di campur gula sekalian, bisa gula jawa atau gula pasir yang di aduk rata dengan tepung gaplek, lalu di kukus. Tapi tiwul yang di aduk rata dengan gula gini kadang2 menghasilkan tiwul yang terlalu kenyal rasanya..karena adonan homogen banget alias nyatu banget..hihi. Nah..ada lagi satu cara buat tiwul yang aku paling suka..yaitu tiwul yang mawur dan manisnya sedikit saja..lamat2 gitu kalau pakai gula pasir..atau jika pakai gula Jawa..nggak di aduk rata..tapi cukup di taburkan saja..jadi..ada bagian yang manis..ada juga yang tidak. 

Dari jaman kecil..ibuku kalau bikin tiwul ya versi yang ketiga..dan jika beli tiwul di pasar2 atau di tukang jajan sekitar tempat tinggal ku yang begitu tiwulnya. Mungkin karena dulu tujuannya irit juga kali ya..biar nggak pakai gula banyak2..tapi hasilnya ya malah enak sich..hihi. Jadi..ada bagian yang plain, gurih aja rasa alami tiwul..dan ada juga yang sedikit manis karena adanya gula jawa yang di tabur acak tadi. Jadi anggap aja lidah kita beruntung jika kita pas ngunyah dapat tiwul yang terasa manis karena menggigit lelehan gula jawanya..hihi. Dengan cara seperti ini..rasa alami gaplek atau tiwulnya ini masih terasa asli..aromanya juga. Pokoke ini tiwul versi ndeso begini dech..hihi. Nah tiwul seperti ini di kukus juga nggak terlalu sampai empuk banget atau kenyal2..tapi masih agak masir atau berbutir2 gitu. Jadi rasa alami gapleknya itu masih terasa enak sekali...walau agak seret2 dikit ketika di makan..hihi..tapi ya memang begitulah tekturenya yang aku suka. Tapi jika tidak suka versi tiwul seperti ini..bisa juga tiwul di aduk rata sama gula dan di kukus hingga benar2 empuk hingga jadi ketika matang adoannya jadi kayak lengket dan kenyal gitu. Tapi kalau aku malah kurang suka tiwul model menyatu adonannya gini..hihi.

Begini nich penampakan adonan tiwul sebelum di kukus teman2..jadi bukan bentuk adonan yang kalis ya..tetapi adonan yang bergerindil2 dan lembab aja.


Oh ya..tiwul ini juga bisa ita buat menarik lho penyajiannya teman2..misal kayak aku kemaren aku iseng cetak kecil2 gitu bentuk kerucut dan udah ku kasih kelapa parut sekalian...kemudian di bungkus palstik bening. Jadi lebih menarik kan penyajiannya. Jadi nggak usah malu jika menyajikan tiwul di acara2 di rumah teman2..misal buat arisan dll..bisa kita kemas lebih menarik dan praktis cara memakannya kok..seperti ini. Menarik kan ?...


Nah..ini bentuk tiwul buatanku setelah di kukus teman2..mirip kan..sama tiwul yang di jual mbah2 di pasar deket rumahku..yang pernah aku beli dulu dan ku foto dulu..hihi. Bedanya punyaku pakai gula merah..punya mbahnya manisnya pakai gula pasir. Oke..selamat menikmati tiwul ya teman2..jika suka..^^



Oke..buat mba Ifa yang nanyain bikin adonan tiwul ini ya..juga buat teman2 lain ya suka tiwul..hihi...ini dia resepnya.
Tiwul

Bahan :
150 tepung gaplek
Air kurang lebih 150 ml
Garam 1/4 sendok teh
Gula merah secukupnya, sisir untuk taburan ( atau bisa pakai gula pasir )
Kelapa parut kukus  yang sudah di beri sedikit garam secukupya untuk penyajian.

Cara membuat :
Ambil tampah atau wadah lain yang besar. Tuang tepung gaplek, tambahkan garam, aduk hingga rata. Perciki tepung gaplek sedikit demi sedikit hingga jadi adonan yang bergerindil atau berbutir2 kasar. Jangan langsung di tuang ya airnya..nanti adonan akan terlalu rata dan homogen..jadi hasil tiwul kurang cantik dan terlalu kenyal rasanya. Jika sudah jadi adonannya..panaskan kukusan, alasi dengan daun pisang , tuang tiwul, taburi gula merah di beberapa bagian, lalu kukus tiwul hingga tingkat kematangan sesuai selera. Boleh sesekali di buka kukusannya dan di aduk agar matang sempurna tiwulnya...dan di cicipi sampai mau matang empuk atau cukup matang seperti hasil tiwul yag ku buat ini . Kalau kayak punyaku ini aku kukus sekitar 20 menit aja. Sajikan dengan kelapa parut kukus..untuk tiwul manis..atau bisa juga di makan dengan lauk pauk jika tiwulnya tawar.

Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts