Laporkan Penyalahgunaan

Buntil Lumbu Magelang Yang Legendaris


Wah..maaf hari ini belum update resep baru ya teman2..soalnya masih banyak lauk..hihi..habis kalap belanja oleh2 kemaren di Magelang..enak2 sich makanannya. Nah..kalau ke Magelang..salah satu yang nggak boleh di lewatkan adalah beli buntil lumbu yang memang sudah terkenal enak dari jaman dulu. Aku udah sering beli buntil lumbu ini..kalau lewat Magelang..dan sekitarnya..namun sampai sekarang belum tau..sentra penghasil buntil lumbu ini di mana..hihi. Colek mba Ida Magelang..tau ndak Mba ? Memang buntil lumbu ini mudah di dapat di toko2 oleh2 yang ada di sepanjang jalan Magelang atau Secang..tapi aku sangat penasaran cara buatnya gimana kok bisa enak banget. Buntil lumbu dari Magelang ini beda dengan buntil lumbu yang sering aku buat di Semarang. Kalau yang Magelang ini versi kering..tanpa kuah..tapi rasanya..*nyamleng banget. Buntilnya sangat lembut dan bumbu2nya pas banget. Di makan pakai nasi hangat thok aja udah enak banget.

Buntil..buat teman2 yang belum tau adalah masakan khas Jawa Tengah..masing2 daerah di Jateng nich buntilnya ciri khasnya beda2. tapi versi Magelang ini yang sangat unik menurutku..karena buntilnya versi kering..bukan di masak di kuah seperti buntil2 daerah lain..tapi di bungkus daun pisang dan di kukus. Nggak tau ngukusnya berapa jam ya..sampai bisa menghasilkan buntil yang bener2 lembut seperti itu. Jadi pengen tau cara buatnya..hihi. Kalau di Semarang..buntil itu di masak pakai kuah santan. Kalau itu udah sering bikin..pakai daun lumbu atau daun pepaya juga enak. Nah..kalau yang Magelang ini selain lembut..isinya juga kelapa berbumbu..tapi pakai ikan tongkol..bukan teri..dan kok ya cocok ternyata ikan tongkol ini buat isan buntil ya. Duch masih terasa dech nikmatnya makan buntil tadi..dengan nasi panas dan peyek teri. Sayangnya itu adalah tipe jajanan basah..jadi nggak berani beli banyak2..takut ndak awet..jadi..ya tunggu kalau lewat Magelang lagi..nanti beli lagi..hihi. Lha mau bikin sendiri..daun lumbunya juga nggak ada di sini. Pernah buat sekali dulu itupun dapat mesan dari Yogya daun lumbunya..hihi.

Jadi..kalau lewat Magelang dan sekitarnya..cobain dech buntil ini teman2..jika belum pernah coba..uenaaakk..pakai banget..hihi...buat yang suka buntil sich. Tapi menurutku ini juga salah satu warisan kuliner Jawa Tengah yang wajib di lestarikan...karena masakan buntil ini sangat unik..enak..susah cara buatnya..dan eksotis..hihi..kumat dah lebay..kalau udah bahas makanan jadul2..hihi. Tau dech..aku sangat suka masakan2 jadul gini teman2. Walaupun cuma terbuat dari daun lumbu..rasanya itu lho..lebih nikmat di banding masakan2 modern ala resto yang terbuat dari daging sekalipun...hihi..dasar lidah ndeso ya teman2..^^


Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts