Laporkan Penyalahgunaan

Brambang Asem Daun Glandir



Ini masakan super praktis dan mudah teman2...tapi uenakk lho.  Gara2 kemaren liat daun glandir muda2 dan seger di tukang sayur..jadi pengen masak ini buat suami..karena masakan ini memang favorit suami. Dulu pas..awal2 nikah..kaget juga..kok suami request daun glandir rebus dan sambel brambang asem ini. Lha..di Yogya daun glandir itu jarang di masak je..biasa buat ramban aja..buat makan *embek*..hihi. Dan ternyata..setelah di semarang aku sekarang jadi doyan daun glandir juga..hihihi. Apa itu daun glandir ?..Daun glandir adalah daun pucuk ubi atau ketela rambat teman2. Pertama makan dulu ya agak aneh..tapi lama2 doyan..hihi. aplagi kalau masih segar dan muda2 daunnya kayak yang aku masak kemaren ini..enak..kres2.

Nah..kalau di Semarang sini..daun glandir ini di masaknya cukup di rebus..terus di makan sama sambel yang super seger dan pedes..yaitu sambal brambang asem. Aku dulu ya heran..sambal kok di campur asem..sama brambang atau bawang merah..tapi setelah mencicipi..ternyata..uenakk..seger dan jika suka pedas..bisa pakai cabai rawit banyak..beneran..enak teman2. Makan daun glandir rebus sambil di cocol sambal brambang asem ini kok ya seger banget..dan bebas minyak lho..karena di rebus semua..baik sayur atau sambalnya. Kalau aku suka tak campurin gitu makan sambelnya..kayak makan rujak..tapi rujak sayur .hihi..enak dech.

Jika tidak ada atau tidak suka daun glandir..sambal brambang asem ini juga enak lho di makan pakai daun bayam rebus teman2. Aku juga suka itu. Sambal brambang asem sendiri mudah buatnya..cuma bawang merah, asem jawa, cabe, garam dan gula merah serta terasi bakar bumbu2nya. Tapi kalau kita bikin sambel ini..dan paduan pedas, manis dan garamnya pas..kok ya enak bingits..eh banget..hihi..sambel sederhana ini. Mau coba teman2..yukk catet ya bahan2nya..^^
Resep Sambal Brambang Asem

Bahan :
Satu ikat daun glandir, rebus sebentar di air mendidih yang di beri sedikit garam ( atau bisa pakai bayam )
1 buah cabai merah, 3 buah cabai rawit merah ( sesuai selera. Cabe 3 ini sangat pedas lho..hihi..jika tidak suka pedas..1 saja cukup rawitnya  )
4 butir bawang merah, di bakar atau di rebus
5 mata asam jawa
1/2 sendok teh terasi bakar
2 sendok makan gula merah ( sesuai selera )
Garam secukupnya

Cara Membuat :
Ulek semua bahan sambal, koreksi rasanya, harus ada manis...asam dan segar rasanya ya teman2.
Sajikan dengan daun glandir rebus


Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts