Laporkan Penyalahgunaan

Bothok Telur Asin


Akhirnya bisa bikin bothok telur asin favorit suami..setelah kemaren beli telur asin mentah di pasar Gang Baru..dan teryata enak ya..kalau di bothok..telur asin mentah gini..hihi. Ndak terlalu asin. Aku yang biasanya ogah makan telur asin..karena asin banget..pas nyicip tadi kok doyan. Rencana padahal cuma buatin suamiku aja..makanya cuma bikin dua bungkus..hihi. Ya..paling tidak udah nggak penasaran dech bikin bothok telur asin sendiri..karena bahannya memang jarang ada ya telur asin mentah. Suami biasa beli bothok telur asin ini jika makan di warung asem2 Rahayu khas Demak. Bothok telur asin ini terkenalnya memang dari Demak ya teman2. Masih ada stock telur asin mentah ku..besok mau bereksperimen resep lain...masih awet kan ya..telur asin menath yang masih di lumuri garam begini teman2..?..^^



Mau coba.yukk catet ya resepnya..ini cuma jadi dua bungkus tapi ya..jika mau bikin banyak di kalikan sendiri takaran resepnya ya. Jika suka lebih lembut adonan tahunya..di banyakin saja jumlah santannya. kalau suami ku tadi request agar nggak pakai santan banyak2..dan hasilnya tetep enak lho..bothoknya.
Bothok Telur Asin

Bahan :
2 buah tahu putih ukuran kecil atau satu ukuran sedang
2 butir telur asin
1 sendok makan santan instan
1 lembar daun salam, potong jadi dua bagian
1 buah cabe merah, potong serong tipis
1 buah cabai hijau, potong serong tipis 
1/2 sendok teh kaldu ayam bubuk
Garam sesuai selera
1 sendok teh gula merah
Kemangi secukupnya
Cabai rawit jika suka pedas, biarkan utuh
Daun pisang secukupnya
Bumbu halus :
5 butir bawang merah
2 siung bawang putih
1 cm kencur
1 cm lengkuas

Cara membuat : 
Campur tahu putih halus, santan, bumbu halus dan bumbu2 lain, cabe merah dan hijau. aduk rata. Koreksi ras ahingga pas gurih dan manisnya.
Siapkan dua lembar daun pisang, tekuk ujungnya, pecahkan satu butir telur asin mentah, beri dua sendok makan adonan tahu. Beri 1 potong daun salam dan kemangi seccukupnya.
Bungkus bentuk tum, semat dengan lidi , lalu kukus selama 20 menit / hingga matang.
Sajikan dengan nasi hangat dan asem2 daging..makin nikmat.



Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts