Laporkan Penyalahgunaan

Bakso Lombok Ulek...Bakso Khas Temanggung Yang Unik..


Tadi..habis bikin bakso bakar buat suami dan Yodha..eh jadi bingung mau sarapan apa ya buat diri sendiri..hihi. Lha lidah Jowo ki..kalau cuma sarapan susu kok ndak mantep..hihi. Beda sama Yodha dan papinya..kalau pagi tuch sarapannya sekarang pada minta sosis atau bakso bakar aja kahir2 ini..atau telur..dan susu..udah. Walah..pada diet apa ya..hihi. Iya..Yodha udah  bosan sarapan nasi goreng atau mie goreng katanya. Yo wis lah Kak..karena lagi libur ya ndak pa2..suka2 aja sarapannya..paling2 sebentar lagi teriak laper..hihi. Nah,..karena pada makan bakso bakar tadi..aku kok ya jadi pengen makan bakso juga. Tapi..aku kurang suka bakso yang banyak dagingnya kayak bakso yang aku bakar tadi..hihi..lebih suka bakso yang lebih banyak tepungnya..hihi..karena ada kenyal2nya..enak..dan..di buat bakso kuah. Nah..kebetulan aku punya stock bakso pasar juga..jadi dech pengen bikin bakso kuah. Karena pas..kebetulan tadi pesan kupat ke tukang sayur buat bikin kupat sayur..jadilah kepikiran buat bikin Bakso Lombok Ulek Khas Temanggung ya seger itu. Hemm..apa hubungan bakso dan kupat ?..Hihi..aneh kan teman2..tapi ya memang begitu lha..bakso lombok ulek khas Temanggung ini unik sekali..karena bakso kuah..tapi pakai kupat. Masih heran ??..Jangan ke mana2 kalau begitu..Yukk simak cerita selanjutnya..Halah..*Lebay..hihi.

Bakso Lombok Ulek..adalah bakso khas Temanggung. Pertama kali aku coba..di Semarang atas sini dulu ada cabangnya..atau franchise nya lah gitu..bakso ulek pak siapa gitu lupa. Soalnya "Sekarang udah tutup..ganti toko ikan hias..!"..hihi..*kayak iklan*. Nggak tau dech..Semarang nich unik..kalau resto atau warung2 franchise kecil2 dan nanggung..misal cuma nempatin ruko2 gitu..jarang yang bisa bertahan lama..kecuali yang punya modal besar sekalian bikin resto besar gitu baru jalan dech..atau warung yang blusukan gitu pasti malah rame..asal enak. Di Semarang atas sendiri..sudah tak terhitung resto2 franchise dari brad kuliner ternama..yang paling cuma bertahan beberapa bulan..sebut saja..bebek judes..soto Madura Tosoto..nasi goreng bakar..dll. Jadi kadang mikir juga kalau mau usaha kuliner di sini nich..karakter pasarnya unik..hihi. Padahal ya beneran enak2 lhi sebenernya itu resto2 franchise itu..karena kan memang franchise dari pengusaha kuliner yang udah ternama ya. Kayak bakso ulek pak siapa ni..Pak Di..kalau nggak salah dech..tutup juga..dulu warungnya itu bersih dan modern gitu..eh tapi kok ya sepi di sini..sampai akhirnya tutup..hihi. Untung aku udah pernah nyicip sekali..jadi tau dech rasanya. Padahal di luar Temanggung juga udah banyak lho cabang2nya..misal kayak di Yogya..bakso lombok ulek ini juga terkenal dan sukses lho menembus pasar Yogya...dengan beberapa cabang.


Kembali ke masalah bakso ulek yang unik ini ya teman2..pertama nyoba dulu ya berasa aneh gitu..bakso kok pake ketupat..hihi. tapi setelah mencoba..aku suka je..enak dan seger ternyata. Adanya potongan ketupat di dalam kuah bakso..ketika di nikmati bersama dengan isian lain..kok ya enak dan tetep nyambung tuch di lidah..hihi. Pokoke unik gitu lho teman2..dan nggak neg kuah baksonya. Kuahnya itu bening..seger..beda sama kuah bakso Semarang yang buthek dan banyak lemak..karena pakai kaldu jerohan. Nah..aku memang suka sama kuah kaldu bakso yang bening..kayak bakso Malang gitu dech kuah bakso ulek ini teman2. Tapi bedanya ya itu tadi..isinya yang rada aneh..pake ketupat. Oh ya..dan yang paling penting..keunikan bakso kuah ini..adalah...*lombok ulek* nya..karena memang bakso ini nggak di makan pakai sambal yang udah siap pakai dan di taruh di meja gitu..tapi pedasnya berasal dari cabai rawit yang di ulek langsung di mangkuk..menjelang baksonya di sajikan. Jadi terasa seger sekali..*kemepyar* gitu istilah orang Jawa...Tapi buat yang suka pedes lho. Tapi tenang..kalau beli bakso di warung bakso ulek..pasti di tanya dulu kok..cabenya berapa gitu..mau pedas atau tidak..terserah pembeli. Barulah pelayan akan mengulek cabe rawit agak kasar di mangkuk saji..lalu di tambah bahan isian lain, terus di siram  kuah baksonya panas2 dech. Karena kena kuah panas tadi..cabai rawitnya jadi ilang kok bau langunya teman2..dan ketika tercampur di kuah..jadi rasa pedas yang seger dan lebih menggigit gitu pedasnya. Oh ya..selain pedesnya yang seger..yang aku suka dari bakso khas Temanggung ini adalah pake tahu pong atau tahu kulit..hihi. Nggak tau dech..aku suka banget sama bakso yang pakai tahu enak aja itu..bakso kampung ala Yogya juga pake soalnya..jadi udah terbiasa makan bakso kuah pakai tahu pong..hihi.


Nah..penasaran mau coba bakso lombok ulek ala Temanggung ini..silahkan di cari di cabang2nya ya di kota teman2..jika ada. Kalau nggak ada..ya buat sendiri aja di rumah..mudah kok. Resep nich aku adaptasi dari sebuah tabloid yang meliput tentang bakso ini di Temanggung..tapi ini versi aku sendiri..soale aku pakai bakso siap pakai..hihi. Dan juga karena kuahnya cuma buat dikit aja..jadi aku nggak pake kaldu asli dari tulang sapi..tapi pakai kaldu bakso instan..hihi..ada kok di supermarket tuch..jika suka sich..jika nggak ya..ke pasar dulu ya teman2..cari tulang sapi yang bagus..terus di buat kaldu buat kuah bakso dech..jika mau sekalian bikin banyak...^^
Bakso Lombok Ulek ( untuk 1 porsi ajah..tapi kuahnya masih banyak tadi..hihi..)

Bahan :
5 buah bakso
1/2 buah ketupat potong2
2 buah tahu kulit, potong2
1 tangkai sledri, iris halus
Bawang goreng secukupnya

Bahan kuah :
600 ml air
2 siung bawang putih, goreng, memarkan
1 batang aun bawang, ikat
1/2 sendok teh kaldu instan khusus bakso
Garam sesuai selera
Merica bubuk 1/4 sendok teh
Gula pasir 1/4 sendok teh
Kecap manis sesuai selera

Cara membuat :
Rebus air, daun bawang, bawang putih geprek, dan bumbu2 lain . Masak hingga mendidih, koreksi rasa.
Siapakan mangkuk. Ulek beberapa buah cabai rawit ( sesuai selera ) agak kasar, lalu susun bahan2 lain di mangkuk, bakso, ketupat dan pelengkap lain, lalu siram dengan kuah panas dan kecap secukupnya. Sajikan hangat. Note : ini kuah baksonya kecoklatan..karena udah ku kasih kecap dikit sekalian ya teman2..jadi habis di foto..langsung santappp..!! hihi.


Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts