Laporkan Penyalahgunaan

Arseng...Kolak Kukus Khas Kraton Yogya


Alhamdulillah..bentar lagi kita ketemu bulan puasa ya buat teman2 yang menjalankannya....jadi mulai dech mengeksplor menu2 takjil..atau menu2 khas bulan Ramadan ya teman2. Nah..karena pas di kirimi pisang dari mertua beberapa waktu lalu ..jadilah aku pengen ngolah pisang ini jadi berbagai macam kudapan. Sayang je..pisang raja yang ranum dan harum masak pohon cuma di makan gitu aja. Kalau beli kan suka pisang karbitan gitu di pasar..dan mahal kalau yang ranum2 begitu..hihi..*mak irit banget*. Jadilah..kalau dapat kiriman pisang suka aku simpan separo di dapur ( *baca : di umpetin...hihihi )..buat praktek bikin kue2 atau jajanan baru,..soalnya..kalau di taruh di meja makan..wis..di jamin langsung habis di makan suami..hihi..yang memang pecinta pisang..apalagi pisang raja..bisa2 rencana bikin jajanan dari pisang gagal maning..hihi.

Nah..kali ini aku coba bikin kolak kukus..khas Kraton Yogyakarta..yang kalau di buku Warisan Kuliner Keraton Yogya yang di tulis oleh kerabat kraton Yogya..Ibu Nuarida Joyokusumo..di sebut Arseng. Aku tertarik untuk nyoba..karena kolak ini di kukus teman2..jadi kayak pipis kopyor atau carang gesing gitu ya..cuma ini pakai telur..dan pakainya gula pasir..bukan pakai gula merah kayak kolak2 biasanya. Rasanya enak sekali ternyata je..jadi lebih legit dan gurih..mirip2 puding kukus pisang gitu. Suka dech. Makanya menu ini jadi salah satu menu favorit Sri Sultan HB IX lho di Kraton.

Untuk mengukusnya..aku pakai mangkuk2 kecil tahan panas..jika tidak ada..pakai saja loyang biasa ya teman2..atau di bungkus daun pisang..hemm tambah enak juga kayaknya..tambahin nangka..kelapa muda..hihi..malah jadinya jajanan lain ntar..pipis kopyor khas Temanggung...hihi. Pisang yang di pakai bisa pisang kapok juga selain pisang raja..tapi kalau aku..paling suka jajanan dari pisang itu kalau pakai pisang raja..karena sangat harum dan jadi manis lebih alami.

Oke dech ini dia resepnya ya teman2..siapa tau mau coba ntar buat menu buka puasa..aku kutip dari buku Warisan Kuliner Keraton Yogya..tapi seperti biasa..aku kuragi manisnya dikit..hihi. Aku tulis resep aslinya ya teman2..jika suka.. manisnya boleh di sesuaikan selera saja..^^

Arseng  ( Resep Ibu Nuraida Joyokusumo )

Bahan :
1 sisir pisang kepok matang ( aku pakai pisang raja )
1 1/2  santan dari 1 butir kelapa
2 butir telur, kocok asal rata
2 lembar daun pandan
250 gram gula pasir ( aku kurangi dikit )
Garam sesuai selera ( aku 1/2 sendok teh )

Cara membuat :
Kupas pisang, potong serong tebal ( aku potong bulat2 )
Campur pisang dengan semua bahan lain, aduk rata
Tempatkan dalam pinggan tahan panas, lalu kukus hingga matang ( 30 menit )



Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts