Laporkan Penyalahgunaan

Yukk Nyetok Sambal Terasi Matang Homamade..! ^^


Sebentar lagi puasa ya teman..bagi yang menjalankan. Nah..biasanya..kalau bulan puasa..kan masaknya jadi dua kali lebih banyak ya di banding hari2 biasa..misal ketambahan bikin takjil dll. Nah..buat keluarga besar yang warga di rumahnya banyak..pasti akan ribet sekali ya jika masak berulang2. Nah..sebenernya hal tersebut bisa di siasati..dengan cara mencicil aneka lauk kering..dan di buat stock buat saur..dll. Selain itu untuk menghemat waktu memasak..apalagi di malam hari..akan lebih baik juga jika kita menyetok aneka bumbu dasar..misal bumbu dasar putih, kuning dan merah, dalam keadaan sudah halus dan sudah di tumis matang, lala simpan di botol2 kaca..dan taruh kulkas. Nanti aku buat satu persatu ya bumbu2 dasar tersebut..karena ya akan terpakai setiap harinya..kan menu2 kita ya nggak akan jauh2 dari menu berkuah pedas..atau kuah opor..ayam goreng sambel goreng dll ya sehari2..jadi bumbu yang di pakai ya..ketiga macam bumbu dasar tersebut.

Tapi..selain bumbu2 dasar buat masakan..salah satu yang wajib musti di stock adalah sambal. Pasti repot sekali kan..jika kita musti bolak balik bikin sambal ketika menu buat keluarga itu..ayam goreng..ikan goreng dll..pasti akan selalu butuh yang namanya sambal ya teman2. Nah..bisa kok kita bikin sambal matang dalam jumlah banyak sekalian..di tumis hingga benar2 matang , lalu dinginkan..kemudian di kemas di botol2 kaca. Jadi..kalau mau makan tinggal ambil secukupnya..lalu sisanya simpan lagi di kulkas..di jamin dech..masak jadi lebih santai dan nggak kemrungsung..apalagi kalau buat saur ya..praktis banget ..tinggal di panaskan saja sebentar dan goreng lauk pauknya.

Ada berbagai macam sambal yang bisa kita buat sekaligus dan kita simpan di kulkas teman2...nanti aku buat satu persatu ya..sekarang..kita buat dulu sambal terasi matang yukk..sambal paling umum dan di sukai semua orang ...karena memang cocok di buat cocolan apa saja..mau ikan goreng..ayam goreng..bahkan sekedar tempe dan tahu goreng juga enak pakai sambel ini. Atau bisa juga buat bikin nasi goreng..praktis banget kan. Oke dech..aku buatin resep sambal andalanku dalam jumlah banyak ya teman..yukk di coba. Aku buat jadi satu toples kaca segini..kalau buat keluarga kecil dua tiga orang ya bisa buat setok seminggu lah..jika di makan setiap hari. Selamat mencoba ya..atau mau minta punyaku ini...hihi..boleh..ayukk ambil piring masing2 ya..bawa nasi dan lauk pauk sendiri..karena ayam gorengku belum mateng..masih di ungkep itu. Jika mau buat usaha..sambal ini bisa di jual dalam kemasan cup plastik kecil2 teman2..jadi bisa terjangkau harganya dan pastinya banyak peminatnya..^^

Sambal Terasi Matang

Bahan :
100 gram cabai merah
50 gram cabai rawit
50 gram bawang merah, potong kasar
3 siung bawang putih , potong kasar
1 sendok makan terasi matang
3 buah tomat merah, potong kasar
Garam sesuai selera
Kaldu ayam bubuk 1 sendok teh ( jika suka )
Gula merah 1/2 atau 1 sendok makan ( sesuai selera aja )
Minyak goreng secukupnya untuk menumis
Cara membuat :
Goreng semua cabai dan bawang hingga layu. Goreng juga tomat hingga matang. Haluskan bersama bumbu2 lain.
Tumis kembali dengan minyak dan masak denga api kecil hingga matang.
Dinginkan. Kemas di toples kaca dan tutup rapat, lalau simpan di kulkas untuk persediaan.



Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts