Laporkan Penyalahgunaan

Tips Membungkus Makanan Yang di Gulung



Kemaren mba siapa yang yang nanya tentang tips2 membuat atau membungkus makanan yang di gulung..seperti lontong..rollade..dll. aku kasih tips sedikit ya..semoga berguna juga buat teman2 yang baru balajar masak tipsnya.

Untuk membuat lontong..ada cara yang mudah teman2..sekarang ini kayaknya sudah ada cetakan lontong ya..dari bahan alumunium..jadi beras aron tetep di bungkus dan di gulung pakai daun pisang..selanjutnya tinggal di masukkan ke cetakan itu..nanti hasilnya akan bagus2 dan mulus lontongnya..dan nggak berubah bentuk. Jika di bungkus manual sebenernya juga bisa agar bentuknya tetep rapi bulat lonjong, yaitu di dobel daunnya..dan di semat bagian ujung2nya dengan kuat ya teman2.

Bentuk dasar dari makanan tradisional yang di gulung memakai daun pisang adalah seperti ini ya teman2..bias di buat untuk lontong, arem2..rollade..lemper dll.


Untuk rollade..biar bagus hasilnya juga bisa dengan bantuan cetakan lontong itu..tapi aku belum punya..jadi aku biasa membungkus rollade dengan daun pisang. Ambil daun pisang jenis kluthuk ya..biar nggak pecah2..terus taruh bahan rollade di daun. Padatkan dulu dengan bantuan tangan, setelah itu di gulung sampai benar2 padat. Ulangi beberapa kali menggulungnya dengan di buka gulung dulu daunnya sehingga hasilnya benar2 bisa rapi dan padat. Selanjutnya bungkus dengan daun pisang..tekuk ujung kanan kirinya ke atas untuk mengunci bentuk lonjong adonan, lalu semat kiri kanannya dengan lidi. Pastikan agar daun berlapis ya teman2..untuk menghindari adonan mengembang dan bungkus daunnya *mlethek* ( pecah )..Jika mau aman..bisa juga bagian tengah di ikat dengan kareta atau tali. Selanjutnya..kukus sampai matang.

Jika memakai plastik untuk membungkus rollade..tehniknya sama..padatkan dulu adonan rollade di selembar plastik tebal tahan panas, lalu gulung dengan plastik dan ikat kuat2 kedua ujungnya dengan karet atau tali ya..jika bagian ujung2nya nggak kencang..nanti adonan rollade akan mengembang dan bentuk rollade jadi nggak bulat konjong manis..tapi suka jadi gepeng..hihi.

Ada juga teman yang bilang kesulitan mengiris rollade karena hancur..dll..misal itu sering terjadi jika bikin rollade daun singkong..nah..cara termudah adalah..biarkan hingga benar2 dingin dulu rolladenya..jika perlu taruh kulkas..nanti rollade akan memadat. Gunakan pisau tajam, pasti hasil irisannya bisa lebih mulus. Oke..selamat berkreasi dengan rollade ya teman2..dan juga semangat ..dengan semakin banyak berlatih di dapur..nanti hasilnya bisa semakin bagus..lumayan  seperti ini nich..^^





Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts