Laporkan Penyalahgunaan

Tempe Bumbu Bali


Pagi tadi masih ada nasi kuning sisa aku buat kemaren malam..tapi lauknya habis..ya sudah..di makan pakai telur dadar saja...sama ini nich..lauk yang sederhana tapi nikmat..yaitu tempe bumbu Bali. Di makan pakai nasi kuning kok ya klop ternyata rasanya..enak banget. Aku yang rencana nggak mau sarapan banyak2..kok ya lupa..hihi..habis dech satu centong nasi kuning..^^

Kemaren sore tuch gara2 nonton mas ganteng Jang Geun Suk di dra kor Pretty Man..sore jadi lupa masak buat makan malam..mau keluar kok ya males..lha mending nyelesain nonton karena ceritanya seru..kebetulan Yodha juga lagi tidur nyenyak..ya udah..bikin nasi kuning aja. Masak nasi kuning di sambi nonton..kok ya malah cepet..hihi. 30 menit udah mateng..soalnya lauknya masih ada ayam goreng dan kentang mustofa..jadi tinggal ndadar telur aja..hihi.

Pagi tadi masih ada nasi kuningnya..aku kukus sebentar mash enak ternyata..ya udah buat lauk yang cepat dan praktis saja..yaitu tempe bumbu Bali ini...yummy dech. Yukk cobain teman2..yang suka resep murah meriah tapi enak..ini dia salah satu menu yang wajib di coba..dan cocok ini buat menu saur puasa nanti ya..kan bentar lagi puasa..jadi sekalian aku labelin menu saur ya..biar nanti teman2 mudah search referensi menu2 buka puasa atau saur ya..^^
Tempe Bumbu Bali

Bahan :
200 gram tempe, potong kotak kecil
50 gram udang kupas
1 sendok teh air asam Jawa
1 sendok makan kecap manis
1/2 sendok teh kaldu bubuk jika suka dan garam secukupnya
1 sendok teh gula merah
2 cm lengkuas, memarkan
2 lembar daun salam
1 batang serai, memarkan
2 lembar daun jeruk purut
100 ml air

Bumbu halus :
8 buah bawang merah
10 buah cabai merah keriting
5 buah cabai rawit merah ( sesuai selera )
2 siung bawang putih
5 butir kemiri
2 cm jahe
1 sendok teh terasi

Cara membuat :
Rendam tempe di air garam secukupnya, lalu goreng hingga matang, tapi jangan terlalu kering
Tumis bumbu halus hingga benar2 matang, masukkan udang kupas, aduk hingga berubah warna. Masukkan air asam Jawa dan bumbu2 lain kecuali kecap, serta tempe, aduk rata. Masukkan air, kemudian di masak dengan api kecil hingga bumbu mengental. Tambahkan kecap, aduk rata dan masak sebentar. Angkat. Sajikan hangat.


Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts