Laporkan Penyalahgunaan

Stick Bawang Wortel




Klethikan lagi..hihi...iya nich...memanfaatkan sisa2 tepung di rak sapur biar cepet rapi..habis itu beli tepung lagi..podo wae ya..alias sama saja ya teman2..tetep..rak dapur ya bakalan penuh tepung lagi..hihi. Tapi tuch kadang aku memang suka lupa..misal sisa tepung cuma 100 gram masih di kemasan gitu..suka udah beli baru lagi..akhirnya mubazir kan. Jadi..sekarang kalau ada sisa2 tepung dikit ya langsung di karyakan aja dech. Kayak tadi..ngabisin tepug terigu dan tepung sagu..serta memanfaatkan dua kuning telur..sisa bikin donat pong kemaren..ya udah..klop dech bahannya buat di bikin stick bawang. Rencana sich mau bikin cheese stick..eh tapi ndak punya keju..ya okelah ganti stick bawang aja..terus yang harusnya keju parut..aku ganti wortel parut..enak juga ternyata. Jadilah..stick bawang wortel.

Stick bawang ini aku pakai yang resep pakai kuning telur..yang biasa ku buat. Untuk bikin stick gini..aku suka yang panjang2 bentuknya..jadi..aku potong manual. Tapi nipisin adonannya tetep pakai gilingan mi. Soalnya pemotong mie lebarku agak kekecilan kalau buat stick..jadi hasilnya pasti mlungker2 dan nggak bisa lurus. Gilingan mie yang ukuran mie lebarnya bagus dan pas buat cheese stick tuch yang merk Atlas..kalau punyaku sekarang merk Krish..agak kekecilan lebarnya. Untuk menghasilkan stick yang lurus bentuknya gini..juga nggorengnya musti pakai wajan datar..aku pakai wajan..kalau di luar di sebut *sauce pan* kali ya..yang datar dan lebar. Tapi jika tidak ada yang pakai wajan biasa..cuma ya kadang melengkung2 dikit ya nggak pa2 ya teman2..^^

Untuk stick panjang gini juga aku nggak suka pakai margarin adonannya..karena kalau pakai margarin itu mudah patah dan rapuh sticknya ketika di goreng. Tapi tetep empuk dan renyah kok ini sticknya..karena pakai kuning telur...tapi nggak menggembung lho ya. kalau mau mengembung..bikin aja yang pakai margarin seperti di resep kue siput ku kemaren itu..itu hasilnya bisa menggembung karena pakai margarin leleh.

Oke..mau coba teman2..yukk catet ya resepnya..aklau mau jadi stick keju ya tinggal tambah keju aja sesuai selera..^^
Stick Bawang Wortel

Bahan :
125 gram tepung terigu protein sedang
100 gram tepung sagu / tapioka
100 gram wortel parut
5 butir bawang merah, parut
2 kuning telur
1 sendok teh kaldu ayam bubuk ( jika suka )
Garam sesuai selera
Air secukupnya jika perlu ( sampai adonan kalis saja, karena menyesuaikan kadar air di wortel yang di pakai juga..jadi tambahkan air jika perlu atau sedikit demi sedikit saja..jangan langsung tuang ya )

Cara membuat :
Campur semua bahan, tambahkan air sedikit demi sedikit hingga adonan kalis dan bisa di giling.
Tipiskan, potong2 sesuai selera.
Goreng di minyak panas hingga kering dan renyah.
Simpan di toples jika sudah dingin.

Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts