Laporkan Penyalahgunaan

Serba Serbi Oven



Hari ini santai aja di rumah..nggak banyak masak2 lagi..siang tadi udah di beliin gudeg sama suami. Suami lagi ada kerjaan sore nanti...jadi nggak bisa ke mana2 dech. Jadi mau nulis yang ringan2 aja ya teman2..seputar tips dapur. Oh ya..sebelum nulis..mau kasih pengumuman dulu yach..buat teman2 yang lebih suka komen di blog ini..pakai nama *anonymous*..atau tanpa nama..please bawahnya di kasih nama siapa gitu ya..biar aku ndak bingung manggilnya Mas atau Mba. Selain itu soalnya juga kadang2 nich di salah gunakan juga sich anonymous ini..kayak barusan nich aku buka blog ada yang suka komen seenaknya pakai nama itu..dan yang terakhir tadi ini kok komennya ndak enak banget ( dan sudah ku hapus tentu saja..! )..itu sama saja artinya orang nggak bertanggung jawab ya..udah seenaknya nge judge, menghina dan nyakitin perasaan orang tapi kayak lempar batu sembunyi tangan..beraninya komen begitu di blog orang lain seenaknya tapi *tanpa nama*..tapi ya memang harus sabar aja..tinggal di hapus apa susahnya ya. Sekedar saran buat ybs jika baca ini ya : " Judging another person does not define who they are, but it define who you are..!!" 

Sebenernya sich aku juga nggak anti2 amat sich sama komentar negatif..jika yang komentar itu bertanggung jawab..misal..kalimatnya di sampaikan secara sopan..bukannya malah langsung menghina orang lain. Jangan lupa juga nyebutin nama..atau kasih link blognya gitu..biar tahu aku siapakah beliau itu...yang mungkin saja punya blog yang sangat bagus atau berkelas..sehingga merasa berhak untuk menghina dan mencela blog orang lain. Dan sesempurna apakah beliaunya sehingga merasa punya hak untuk merendahkan dan menghina orang lain..tak berguru wis..sama orang hebat seperti itu.

Jadi ingat pas nonton hitam putih..kata seorang Dedy Cobuzer.."Kita tidak berhak menghakimi dengan kata2..menghina atau menjelek2 kan orang lain yang tidak kita kenal secara langsung dan tau betul siapa orang yang kita hina tersebut." Setuju dech Mas Dedy..! Jadi ingat juga..seorang sahabat blogger..yang akhirnya memutuskan untuk menutup kolom komentar untuk umum..dan hanya member dari blog tersebut saja yang bisa nulis komentar..karena memang sering juga dapat teror dari komentar negatif yang menghina dan memakai akun anonymous juga..hemm aku jadi ngerti sekarang perasaan dia sekarang..karena aku ngalamin juga. Tapi kalau aku sich tetep terbuka kok teman2..menerima komentar di blog..secara terbuka..asal yang itu tadi..komentar yang beretika dan bertanggug jawab..^^

Tapi..aku yakin dech masih banyak teman2 yang baik2 kan ya. Dan jangan jadi takut komen pakai anonymous ya teman2..hihi..cukup di cantumkan nama saja di bawahnya..dan juga kalau komennya baik2 atau nanya sesuatu ya pasti aku bales. Maaf nich sekedar curhat..karena sebel aja..kok ya ada orang yang nganeh2 hin kayak gitu ya.

Hari ini aku mau membahas tentang oven ya..kebetulan banyak teman2 yang nanyain tentang penggunaan oven. Memang nggak ahli2 banget sich pakai oven..tapi dari beberapa referensi yang aku baca..dan pengalamanku di dapur.

Oven dari jenisnya ada 3 macam ya teman2 :
  • Oven listrik, oven yang sumber panasnya berasal dari listrik. Oven ini paling mudah di gunakan untuk pemakaian skala rumah tangga. Oven ini juga paling praktis penggunaannya..karena sudah di lengkapi pengatur suhu, tombol timer pengatur waktu yang memudahkan pengoperasiannya. Oven listrik ini macam2 merk yang ada di pasaran ya..pilih yang ruangan dalemnya agak lega ya teman2..kalau mau beli oven listrik. Sesuaikan juga watt nya dengan persediaan listrik di rumah ya. Aku sudah mencoba beberapa merk oven listrik..dari yang terkecil..sampai sekarang yang agak besar ruang dalamnya..lebih enak yang ruangan dalamnya longgar sich..karena semua ukuran loyang bisa masuk. Terus panasnya bisa lebih merata..misal bikin kue kering gitu nggak ada yang sebagaian gosong atau kurang matang. Dulu pas pakai oven ukuran kecil..sering kali kalau bikin kue kering..harus sering di tengak tengok dan di geser loyangnya..bagian belakang ke depan..biar nggak gosong sebagian yang bagian pinggir dalam. Oh ya..oven listrik ini panasanya beda2 lho masing2 merk dan ukuran. Kalau oven kecil dulu aku suhu normal standart misal 170 - 180 udah cepet banget mateng kue kering atau cakenya..tapi kalau yang rada besar nich..suhu sedangku di ukuran 200 c..baru dech pas buat manggang cake..jadi..kalau panas oven itu sesuai masing2 ya..jangan sellau terpaku pada resep.
  • Oven konvensional / oven kompor / oven tangkring. Jenis oven ini adalah jenis oven yang sumber panasnya terpisah.  Biasanya berasal dari kompor atau bara api. Kelebihan oven jenis ini ya tentu saja murah biayanya dan harganya juga terjangkau...dan mudah di simpan..karena bisa di pindah2. Jadi ingat dulu jaman kecil..di rumah belum ada oven..kalau bikin kue ibuku suka pakai loyang dari besi yang langsung di taruh di atas tungku...atau loyang sagon yang di panggang atas bawah pakai bara sabut kelapa..bisa juga lho mateng bagus kuenya..^^
  • Oven Gas. Adalah jenis oven yang sumber panasnya berasal dari pembakaran gas elpiji dan terangkai menjadi satu dengan ovennya. Oven ini ukurannya besar dan biasanya di lengkapi dengan termometer suhu untuk memudahkan pengoperasiannya. Tapi sekarang ini juga ada katanya yang sudah otomatis pengaturan suhu dan timer otomatis..dari yang aku baca sich. Aku sendiri belum pernah pakai oven jenis ini..karena ya..belum perlu. Oven jenis ini memang cocoknya untuk skala usaha.
Biarpun aku nggak pengalaman pakai oven selain  pakai oven listrik..aku tulis saja ya tips2 pemakaian oven menurut jenisnya ya teman2..dari berbagai sumber ya aku baca..semoga sedikit bermanfaat ya..buat teman yang lagi mau belajar baking.

Sebelum memakai oven, panaskan dulu ya oven..sesuai dengan suhu yang di butuhkan, karena suhu oven sesuai yang di inginkan tidak langsung panas begitu kita menyalakan oven. Jadi..begitu masuk adonan cake atau kue kering..oven sudah siap dan panas sesuai suhu yang di butuhkan.

Tentukan letak rak sesuai kebutuhan. Misal memanggang cake yang perlu api atas bawah, lebih baik kalau rak di letakkan di tengah2, jadi bisa merata panasnya. Kalau untuk memanggang sitem au brain marie..misal bikin klapeertaart atau makaroni skotel..yang pakai api bawah saja..aku lebih suka meletakkan rak di paling bawah...biar cepat matangnya. Baru setelah matang di pindah ke rak paling atas..sekedar untuk mengeringkan topingnya.

Hindari pemakakaian rak lebih dari satu atau bertumpuk jika oven kita kecil, karena panas jadi kurang maksimal merata. Jika oven kecil, sering putar2 posisi loyang misal pas manggang kue kering agar tidak gosong di bagian pinggir dll...agar matang merata.

Untuk oven tangkring, letakkan di atas kompor tepat di tengah agar panas merata.
Karena tidak ada termometer oven..untuk oven tangkring, harus belajar mengenali oven masing2 ya teman2..biasanya sich untuk memanggang roti api kompornya di besarkan..sedang untuk memanggang cake api kompornya sedang ya.

Oke dech itu sedikit tips2 menggunakan oven ya teman2..yang penting..semakin sering nanti teman2 praktek..akan semakin akrab dan kenal kok sama ovennya..dan tau dech trik2nya sendiri. Atau ada yang mau nambahin tips juga..yukk silahkan tinggalkan pesan di komentar ya..^^

Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts