Laporkan Penyalahgunaan

Sate Kere




Wua..gara2 nonton DVD drama Korea tadi malem..jadi kurang tidur..hihi..dan anehnya..walau pagi jadi lemes kok..tetep penasaran pengen melanjutkan lagi nontonnya..abis bagus banget ceritanya..duh..kenapa nggak dari dulu2 beli ya..DVD ini....^^ Walau akhirnya tetep ku tahan2 nggak nonton dulu lagi..ntar aja..setelah semua kerjaan beres..hihihi..harus di tahan rasa penasarannya..kerjaan masih banyak soalnya. 

Akhirnya..bisa mengalahkan rasa penasaran drama Who Came from The Star nya..dan tetep masak buat sarapan suami tadi..sempat bikin pecel..bacem..dan sate kere ini..hihi. Sate kere..mungkin buat teman2  yang tinggal di Solo..udah nggak asing lagi ya..di sana ada warung sate kere yang terkenal..yaitu sate kere Yu Rubi. Yang belum tau pastinya penasaran ya..apa itu sate kere ?..Coba perhatikan baik2 fotonya..sate apakah itu ?..Sate daging kah ?..Oh bukan..itu sate tempe gembus...yag sudah di bacem dan di bumbuin, kemudian di bakar..jadilah kayak sate daging kan..hihi. Karena nggak semua orang bisa beli sate daging kali ya..jadi terciptalah ide untuk menciptakan sate kere ini kali dulu asal usulnya. Kere..itu dalam bahasa Jawa..berarti miskin..tapi karena sudah terkenal..warung sate kere Yu Rubi ini..sekarang malah jadi icon kuliner Solo je katanya..dan ndak cuma orang miskin yang suka..hihihi. Tapi memang enak kok tempe gembus itu..aku juga suka. Mau coba teman2..yukk simak cara bikin sate kere ini ya..^^

Sate Kere

Bahan :
10 buah tempe gembus, potong serong
800 ml air kelapa ( Secukupnya sampai semua gembus terendam air kelapa )
100 gram gula merah yang warnanya coklat ( sesuai selera )
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
Garam sesuai selera
Bumbu halus :
5 butir bawang merah
2 siung bawang putih
½ sendok teh ketumbar
4 butir kemiri
Cara membuat :
Siapkan panci, masukkan tempe gembus dan semua bumbu
Tuangkan air kelapa, lalu tutup hingga rapat, rebus dengan api kecil  sampai air menyusut. 
Jangan menggunakan api besar, karena air akan cepat habis..sementara bumbu belum meresap ke  tempe gembusnya.
Ketika merebus, sesekali balikkan gembus agar bumbu merata, sambil di cicipin misal kurang garam atau gulanya, bisa di tambahkan lagi.
Iris tipis2 gembus bacem, lalu bakar sambil di oles sisa bumbu bacemnya. Sajikan dengan sambal kacang.

Bahan Sambal Kacang:
100 gram kacang tanah kulit, digoreng, dihaluskan
3 buah cabai merah keriting, digoreng
2 butir kemiri, digoreng
2 buah cabai merah besar, digoreng
2 sendok makan gula merah sisir
1 sendok teh garam( sesuai selera )
300 ml air panas
Sambal kacang: haluskan kacang tanah, cabai merah keriting, kemiri, cabai merah besar, gula merah, dan garam. Tuang air. Masak sampai matang dan kental.
Tips : agar bacem makin enak..dan bumbu meresap, sebaiknya bacem di inapkan dulu sehari semalam, dengan di rendam sisa air berbumbu rebusannya, lalu masukkan kulkas. Jadi ketika di goreng keesokan harinya hasil bacem akan semakin enak, bumbu meresap dan warnanya coklat cantik, seperti kalau kita beli .




Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts