Laporkan Penyalahgunaan

Sambel Goreng Kentang Tanpa Santan


Sambel goreng..adalah menu yang paling sering aku masak di rumah..soalnya suami suka banget dan nggak pernah bosan. Udah dech kalau di masakin sambel goreng..pasti makannya lahap tak tersisa..hihi. Ya mungkin memang udah kebiasaan juga ya dari kecil terbiasa masakan Jawa. Bahan apapun bisa di masak sambel goreng sich kalau di Jawa ya..dari tempe..tahu..labu..buncis, telur, pepaya muda juga enak di sambel goreng. Tapi yang paling di sukai suamiku adalah sambel goreng kentang dan krecek. Nah..itu paling sering ku masak. Jadi kalau ke Yogya..aku suka mborong beli krecek yang tebel2 dan bagus tuch buat stock kalau bikin sambel goreng. Soalnya beda sich..kalau krecek di Semarang sini kualitasnya kurang bagus..kreceknya tipis dan lebar2..dan kalau di masak kenyil2 dan agak neg bau kulit sapi banget. Beda sama krecek Yogya yang bentuknya gede2 bulat lonjong kayak kerupuk berongga2 gitu..kalau dimasak itu jadi lembut banget menyerap bumbu2..kayak di foto tuch..walau udah hancur..tapi tetep enak. Memang sengaja sich..aku bikin sambel gorengnya agak kering..karena kali ini aku bikin sambel goreng versi tanpa santan. Enak juga lho..jadi buat yang musuhan sama santan karena takut kolesterol dll..tetep bisa lho makan sambel goreng yang enak.

Bumbunya sich plek sama bumbu sambel goreng biasa..cuma minus santan saja..dan hasilnya tetep enak. Malah makin terasa bumbu2nya karena di masak hingga nyemek ( hampir kering ). Agar lebih nendang sambel goreng tanpa santan ini..bisa di buat versi yang agak pedas..jadi warnanya bisa cantik..merah menyala gitu teman2..jadi..dari segi penampakan..nggak bakal kalah menggiurkan dech sama sambal goreng bersantan.

Oke dech silahkan di coba ya..buat variasi sambel goreng sekali2..woke juga lho. Oh ya..sambel goreng kentang tanpa santan ini..enak juga lho buat isian arem2..dan jadi lebih awet arem2nya. tapi kreceknya di hilangin ya..bisa di tambah ati aja kalau suka..kalau buat isian arem2. Aku dapat tips dari budhe sayur langgananku yang sering bantu bikin arem2 di katering tempat dia kerja..jadi kalau dapat pesanan arem2..misal dalam jumlah ratusan..kan nggak mungkin di kerjain sehari..jadi bisa di buat beberapa hari sebelumnya..tapi isinya sambel goreng tanpa santan begini..terus di simpan dulu dech di freezer..katanya bisa lebih awet dan rasa nggak berubah. Woke dech..kapan 2 tak cobanya juga buat isian arem2..^^
Sambel Goreng Kentang Tanpa Santan

Bahan :
200 gram kentang, potong kotak kecil2, goreng hingga matang
100 gram udang segar
50 gram krecek
2 lembar daun salam
2 lengkuas, memarkan
1 sendok makan gula merah ( sesuai selera )
1 sendok teh kaldu bubuk ( optional )
Garam sesuai selera
Bawang merah 8 butir, iris tipis
Bawang putih 4 siung, iris tipis
Cabai merah 20 buah, haluskan ( sesuai selera )
Cabai rawit 10 buah, biarkan utuh ( optional )
500 ml air

Cara membuat :
Tumis bawang merah dan putih hingga matang dan harum, masukkan cabai merah halus, tumis kembali hingga matang dan harum cabenya. Masukkan udang, aduk hingga berubah warna. Masukkan air, kentang, krecek dan bumbu lainnya. Masak dengan api kecil hingga kuah menyusut. Koreksi rasa. Sajikan.


Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts