Laporkan Penyalahgunaan

Malbi Ayam



Waktu beberapa waktu lalu mencoba memasak Malbi hati sapi..kok di rumah pada suka semua. rasanya memang enak..seperti semur, tapi lebih kental dan beraroma rempah..jadi walaupun ini aslinya hidangan dari Palembang..tapi cocok lah dengan lidah Jawa kami. Akhirnya kemaren kepikiran pengen coba kalau ayam di masak bumbu malbi gini enak nggak..wah ternyata ya sama enaknya. Resep hampir sama dengan malbi  sapi..kemaren..cuma aku sesuaikan saja dengan jumlah ayam yang aku masak..dan aku hilangkan kelapa parut sangrainya..takut terlalu medok rasanya kalau untuk ayam. Jadilah malbi ayam yang enak dan kental bumbu2nya meresap ke ayamnya..enak sekali rasanya.

Malbi sapi aslinya pakai daging kambing, atau sapi..tapi di aplikasikan ke ayam juga enak ternyata. Aku kemaren cuma pakai ayam biasa..yaitu bagian sayap yag mudah empuk dan meresap bumbunya. Rasanya sudah enak..apalagi kalau pakai ayam kampung atau pejantan ya..mungkin lebih enak lagi. Malbi ini cocok di hidangkan bersama nasi kuning..nasi gurih, dll. Kalau di Palembang katanya biasa di sajikan dengan nasi minyak ya..sejenis nasi kuning juga tapi lebih kayak rasa seperti nasi kebuli. Selamat mencoba ya teman2..jika suka..^^
Malbi Ayam

Bahan :
500 gram sayap ayam
1/2 sendok teh pala bubuk
2 butir cengkeh
2 cm kayumanis
4 sendok makan kecap
1/2 sendok teh gula
1 sendok teh garam / kaldu sapi secukupnya jika suka.
800 ml air
Bawang goreng secukupnya untuk taburan

Bumbu halus:
6 butir bawang merah
3 siung bawang putih
1/2 sendok teh merica butiran
2 cm jahe
5 butir kemiri, disangrai 
1 sendok teh ketumbar
1/4 sendok teh jintan

Cara membuat :
Panaskan minyak secukupnya.
Tumis bumbu halus, tumis hingga matang.
Masukkan ayam, aduk hingga berubah warna. Masukkan air, pala bubuk, cengkeh, kayumanis, kecap manis, dan garam. Masak kuah mengental dan bumbu meresap.

Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts