Laporkan Penyalahgunaan

Lontong Tahu Kuah


Pagi2 mau sarapan apa ya..lagi2 mikir2 pengen yang seger2..kebayang dech tahu kupat Magelang yang seger berkuah banyak gitu. Tapi kalau nggak deket2 lebaran ya mana ada yang jual kupat ya..akhirnya pakai lontong saja. Sama enaknya..hihi. yang penting kuahnya seger..banyak sayurnya..banyakin bakwannya..jadi dech lontong tahu kuah sederhana yang seger buat sarapan. Kalau mau spesial..tinggal tambah telor ceplok atau dadar...dah komplet gizinya dech.

Kalau membuat tahu kuah seperti ini..ada dua cara ya teman2..ada yang versi kuahnya di masak dahulu...silahkan liat resepnya di sini. Ada juga yang versi praktis..yang bumbunya dadakan aja..dan langsung di tuang air panas. Ini sangat praktis kalau sekedar buat satu atau dua porsi. Dan rasanya..sama2 enak sich menurutku. Cuman kalau mau buat dalam jumlah banyak atau buat jualan..ya lebih enak..kalau kuahnya di buat dulu....jadi lebih cepat penyajiannya. Kuah bisa di buat tanpa pedas semua terlebih dahulu..lalu bisa di sediakan sambal cabai rawit rebus biar bisa di tambahkan sesuai selera..atau jika suka cabai fresh mentah..bisa di ulek di piring masing2 terlebih dahulu, baru di tuang kuah matangnya. Kalau versi praktis kayak yang aku buat ini..bumbu mentah semua di ulek di cobek..tambah garam dan gula serta kecap sesuai selera..tuang air panas..beres dech. Rasanya malah seger..karena bumbu2ya fresh mentah semua.

Mau coba..yukk bikin sendiri di rumah teman2..mudah sekali kok..dan bahan2nya mudah serta murah meriah..cocok buat sarapan atau makan siang..^^

Lontong Tahu Kuah

Bahan :
2 buah lontong
Tahu putih 2 buah, goreng
Kol mentah, taoge yang di seduh air panas, daun sledri cincang, bawang goreng secukupnya.
Bakwan sayuran 2 buah, potong2
Bumbu kuah per porsi ya :
1 - 2 buah cabe rawit
1 siung bawang putih
1 daun jeruk
Gula merah 1/2 ( sesuai selera ), garam sedikit , kecap manis 1 sendok makan ( sesuai selera saja dech, di cicipin dulu..kalau kurang apa2 tinggal di tambahin sdr )
Kacang tanah 1 sendok makan
Air panas secukupnya ( kira2 aja..sekitar 150 ml atau lebih )


Cara Membuat :
Potong2 tahu dan lontong, tambahkan irisan kol dan pelengkap lain.
Ulek semua bahan bumbu, lalu tuangi air panas secukupnya. Koreksi rasa. Sajikan dengan pelengkap dan bahan2 lain.





Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts