Laporkan Penyalahgunaan

Lapis Jongkong Surabaya


Bersih2 kulkas..eh ternyata di salah satu sudut kulkasku aku nemuin masih ada sisa sedikit abu merang. Oh kirain udah habis..ya udah..segera aku buat lapis jongkong Surabaya lagi..hihi..lagi pengen. Wah..ngomongin abu merang jadi kangen Yogya nich..pengen pulang nggak jadi2 terus. Maaf ya teman2..yang pada email pesen abu merang..belum sempat ambil nich..padahal di Yogya udah di buatin banyak banget..hihi. Lha ibuku sampai minta ke tetangga2 kalau panen jangan di buang batang merangnya dan nyuruh orang buat bikin stock banyak..gara2 aku bilang banyak yang butuh. Tapi memang bikin abu merang ini ya agak ribet sich..satu kotak sawah aja..kalau udah di panen..di bakar batang merangnya..jadinya juga nggak banyak..lha wong jadi abu..hihi..jadi nanti di bagi2 ya teman2..kalau yang butuh banyak buat jualan dawet atau jongkong dll..aku dahuluin yang pertama2 pesan. Banyak ya ternyata yang tertarik buat bikin usaha dawet ireng dll..ya dech semoga bisa jadi jalan rejeki ya teman2. Tapi sabar ya..tunggu aku pulang ke Yogya..hihi. Lha ini bulan Mei..banyak libur ya sebenernya..tapi Yodha malah mau final test di sekolahnya..jadi kok ya nggak tega ngajak pergi2 dulu..biar dia fokus belajar dulu. Moga2 abis ujian bisa dech segera pulang ke Yogya...lha kalau pulang ya harus satu paket sich bertiga..ndak boleh pergi sendiri..hihi.

Oh ya..sedikit tips memakai abu merang ini biat hasilnya oke. Kalau masih kurang halus, bisa di blender lagi ya abu merangnya pakai blender kering ya teman2. Terus di campur air dan di saring dengan saringan halus..kalau perlu pakai kain bersih..jadi yang di pakai bener2 air abu merangnya saja..nggak ada ampas2nya ya..supaya nggak ngeres hasilnya. Pemakaian sich sesuai selera saja..mau sehitam apa..nggak harus terpaku pada resep ya. Kalau kurang hitam warnanya..tambahin aja lagi takaran abu merangnya.

Nah..lapis jongkongnya kali ini aku buat yang versi di iris..dulu pernah buat versi di cetak kecil2 di cetakan talam. Sama aja sich rasanya..enak dan legit..cuma beda bentuk aja. Mau coba teman2..yukk aku share resepnya ya..kalau susah cari abu merangnya..ya..ganti pasta coklat saja..atau pewarna hitam ya..cuma memang aroma dan rasa khas abu merangnya ya nggak ada..hihi. Colek mba Susy yang di Amerika yang lagi rindu lapis jongkong..karena katanya pas bawa abu merang dari Indo..di cekal dan di buang petugas pabean luar..hihi..ini mba..aku buatin ya..hihi..tapi cuma bisa kirim fotonya..^^
Lapis Jongkong Surabaya

Bahan taburan:
100 gram kelapa parut kasar
1/4 sendok teh garam

Bahan Lapis:
300 gram tepung beras
75 gram tepung sagu
300 gram gula pasir
1 1/2 sendok teh garam
1.300 ml santan dari 2 butir kelapa ( aku pakai bumas aja..1 bungkus yang besar tggl di encerin jadi 1300 ml)
100 ml air abu merang (dari 5 sendok abu merang dan 100 ml air, disaring)
100 ml air suji (dari 30 daun suji dan 2 lembar daun pandan) ( aku pakai pasta pandan aja )

Cara membuat :
Taburan,  aduk rata kelapa parut dan garam. Kukus 15 menit.
Lapis,  aduk rata tepung beras, tepung sagu, gula pasir, dan garam. Tuang santan. Aduk sampai licin.
Bagi 2 adonan. Satu bagian tambahkan 100 ml air abu merang. Sisanya tambahkan 100 ml air suji. Aduk masing-masing adonan.
Tuang 125 ml adonan hijau di loyang 20x20x7 cm yang dioles minyak dan dialas plastik. Kukus 10 menit.
Tuang 125 ml adonan hitam. Kukus 10 menit. Tuang 100 ml adonan hijau. Kukus 10 menit. Lakukan secara bergantian sampai adonan habis. Terakhir kukus 20 menit sampai matang.
Potong-potong setelah dingin. Sajikan dengan kelapa parut.
Tips agar kue lapis jongkongnya mulus dan tidak bergelombang lapisannya..api untuk mengukus jangan terlalu besar ya..^_^..selamat mencoba.


Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts