Laporkan Penyalahgunaan

Kue Biji Ketapang



Kue apa kemiri tuch ?..Hihi..kali gitu ya..jika ada yang belum tau tentang kue jadul khas lebaran ini. Sepintas memang mirip kemiri ya..atau mirip ketapang ?..Makanya di namakan biji ketapang..ketapang itu buah apa..aku ya malah ndak tau..hihihi. Yang jelas kue ini katanya sich aslinya Betawi ya..tapi ibuku dulu ya sering bikin di rumah..terutama kalau menjelang Lebaran. Nah..mumpung Lebaran masih rada jauh nich..aku lagi suka coba kue2 jadul gini selain kue kering..jadi ada sesuatu yang baru gitu buat suguhan lebaran..soalnya..ibuku jarang bikin kue2 jadul gini lagi je kalau Lebaran..lah..kiriman kue2 modern dari anak2nya udah banyak biasanya..hihi. Jadi..buat membangkitkan kenangan masa kecil yang indah menjelang lebaran..yang mau ngulik resep2 klethikan2 jadul gini dech..yukk..sama2 bikin ya teman2 jika suka kue2 jadul gini..jadi stay tune di sini ya..nanti tak ulik resepnya satu persatu..kue2 jadul..kayak kue kuping gajah..untir2..kue bawang..telur gabus, keciput, widaran dll..ada apa lagi ya..ada yang ingat ?..

Nah..kue resep klethikan jadul khas Lebaran yang pertama nich..Kue Biji Ketapang..ada dua macam juga ya..gurih dan manis..kali ini aku buat yang mansi dulu. Buatnya sangat2 gampang. Jadi..ayukk di coba ya..jika suka kue2 jadul..kayak aku. Rasanya yang sederhana saja..cuma sedikit manis dan gurih..justru kadang bikin kangen ya teman2. Aku lebih suka ngemil klethikan gini sich memang di banding kue2 kering atau cake. Makanya jarang bikin cake..kalau nggak lagi ada acara atau memang spesial banget resepnya..sampai aku penasaran pengen coba. Bukan apa2 sich..nggak ada yang makan di rumah..kalau cake2 gitu..hihi. Beda sama klethikan2 pengisi toples gini..aku suka..suami juga suka..dan juga lebih awet..bisa buat iseng2 kalau lagi pengen ngemil. Yang jelas..walau banyak yang jual di luar..lebih enak lah..kalau bikin sendiri. 


Memang sich kadang pada males bikin klethikan gini karena di kira ribet ya teman2..padahal nggak lho..cepet dan asyik2 aja bikinnya. Paling2 harus sabar gorengnya ya..kalau bikin biji ketapang ini..pakai api kecil supaya hasilnaya renyah dan nggak cepat gosong karena kan kue manis. Kalau aku sich santai..nggak harus di tungguin di depan kompor kok..kalau goreng2 yang lama gini..bisa di sambi..sambil nonton tivi atau online..di sambi racik2 masakan lain. Nggak usah merasa terbelenggu di dapur gara2 masak..hihi..soalnya ada juga temen yang sms..katanya : " aku kalau masak kok ngabisin waktu seharian di dapur "..walah..masak apa aja tho..hihihi...aku tanya gitu..dan katanya cuma bikin satu cemilan..woalah..^^

Tapi jangan di tiru ya kebiasaan ku masak sambil nonton tivi dll..teman2..hihi..buat yang belum pengalaman bisa2 malah gosong...apalagi kalau acaranya seru ya..hihi...bisa lupa nanti kalau lagi masak. Tapi aku kok ya ndak pernah gosong sich kalau cuma di sambi nonton tivi..udah reflek aja..wanita kan sebenernya punya talenta tetep fokus dalam beberapa hal dalam waktu bersamaan. Aku kalau siang tuch masak suka sambil nonton afc atau film2 / acara2 di Diva universal...bagus2..banyak acara tentang wanita juga..jadi bisa stay update yang lagi tren buat wanita..hihi..tayangan ulang malem sich.....kan malem ndak sempat nonton tv..jadi sempatnya siang aja..sambil masak..racik2 dll. Pokoknya..kerjaan beres..hati juga riang dapet hiburan..hihi 

Jadi..siapa bilang jadi ibu rumah tangga membosankan..bagiku tidak..banyak hal yang bisa di lakukan seharian..tau2 anak dan suami udah pulang aja..sore..jadi..enjoy aja Bunda2 di rumah..hihihi. Yukk bikin kue biji ketapang...murah meriah..mudah dan enak..kriuk2 manis gurih. Resep karena baru uji coba jadi sedikit aja aku buat kemaren..hihi..kalau mau bikin banyak di kalikan sendiri ya bahan2nya..^^
Kue Biji Ketapang

Bahan :
150 gram tepung terigu
1 butir telur
50 gram gula pasir
1 sendok makan santan instan
1/4 sendok teh garam
1 bungkus kecil vanili

Cara membuat :
Kocok lepas telur dan gula hingga gula larut, masukkan garam dan vanili serta terigu, aduk rata dan uleni ringan hingga jadi adonan kalis dan bisa di pulung. Pulung dan pelintir memanjang dengan kedua tangan. Potong2 serong dengan gunting. Lakukan hingga adonan habis, taburi sedikit tepung agar tidak saling menempel. Goreng di minyak yang sudah di panaskan dengan api kecil hingga kering dan renyah. Simpan di toples ketika sudah dingin. Mudah banget kan  teman2..^^

Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts