Laporkan Penyalahgunaan

Kering Kentang Mustofa


Sudah lama sich mendengar tentang *Kering Kentang Mustofa* ini..yakni kering kentang yang di iris kecil2..di potong korek api atau di serut. Tapi mau bikin ya lupa2 terus..dan aku pikir rasanya kan ya sama aja kayak kering kentang yang usdah biasa ku buat..cuma bedanya di iris kecil2..kalau di sini di iris lebar2 dan tipis. Ternyata dugaanku salah..hihi. ternyata kalau di iris kecil2 gini..lebih renyah dan enak..dan bumbu2nya juga bisa merata dan lebih terasa. Jadi pengen bikin sendiri karena kemaren hari Jumat tuch ada temen Yodha ultah dapat nasi box..eh salah satu lauknya kering kentang mustofa gini..setelah mencoba Yodha kok suka..kriuk2 enak katanya..aku cicipin ya memang enak sich.

Yo wis..langsung bikin aja tadi..dari pagi nguplek dech di dapur bikin kering kentang ini..bikin sekilo aja lumayan lama gorengnya ..tapi sesuai dech hasilnya.enak..kriuk2 renyah..nggak mau berhenti dech kalau udah nyicip. Tadi aku coba dua versi nggorengnya..yang pertama aku serut halus, tapi aku malah kurang suka hasilnya..menggumpal2 kayak bihun goreng..akhirnya aku potong aja manual..bentuk panjang2 korek api..nah ini baru oke..lebih pas kriuk dan bentuknya..^^

Dan tumben2 an tadi pada berebut ngemil kentang kering ini Yodha sama papinya..hihi. Tenang, masih ada separo lagi yang belum di beri bumbu..ndak usah berebut ya..hihi. Tadi memang aku uji coba dulu bumbunya..karena baru pertama ini bikin kering pakai gula pasir, biasanya pakai gula merah..jadi nggak semua aku kasih bumbu..jadi kalau kurang pas kan masih ada bahan yang sudah di goreng..tggl di bumbuin lagi..ternyata tadi udah pas..enak. Tapi tetep bumbuin sisanya besok saja..klu yang ini udah habis.,.biar awet kriuk.

Ya udah dech,..ceritanya dikit aja ya..soalnya Yodha udah teriak2 minta makan siang tuch..hihi..resep ala aku sendiri ya bumbu2nya. Aku pakai resep yang bumbunya minimalis aja..hasilnya enak lho teman2. Cocok nich buat di jual juga soalnya awet gitu kriuknya..:)

Kering Kentang Mustafa Ala

Bahan :
500 gram kentang, serut atau potong korek api kecil, rendam di air kapur sirih secukupnya ( dari 1 sendok teh air kapur sirih di campur air secukupnya sampai kentang terendam, diamkan sekitar 15 menit. Cuci sekali, tiriskan lalu goreng hingga kering dan renyah. *Gunakan minyak banyak dan jangan terlalu banyak memasukkan kentang irisnya agar cepat kering.

Bumbu :
10 buah cabai merah  ( sesuai selera ), haluskan sampai benar2 halus
4 siung bawang putih, haluskan
50 gram gula pasir
1 sendok teh kaldu ayam bubuk ( optional )
Garam secukupnya
Daun jeruk  4 lembar
Air asam encer Jawa 1 sendok teh

Cara membuat :
Tumis bumbu halus hingga matang dan harum, masukkan air asam Jawa, kaldu ayam dan garam, aduk cepat hingga rata, lalu masukkan juga kentang dan gula pasir, aduk kembali cepat ya hingga benar2 rata. Jika takut gosong matikan atau kecilkan api.

Tips : Gula pasir di blender kering dulu, jadi bubuk halus agar lebih cepat tercampur rata.



Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts