Laporkan Penyalahgunaan

Grubi / Carang Mas Homamade


Kemaren pas ke pasar..di tukang jualan sayur langganan..kok ada ubi sekarung...bagus2..besar2 dan mulus..nggak boleng2..ubi kuning yang keset pula..ya udah..langsung beli dech. Beli sekarung ??..Oh nggak teman2..cukup sekilo aja..hihihi..cuma 3 ribu rupiah..sudah dapat banyak 4 biji gede2..eh kok banyak amat ya dapetnya..hihi. Tapi Mase penjual sayur langgananku di pasar nich emang baik..suka bermurah hati..makanya laris manis..di kerubuti ibu2 tiap hari..hihihi. Nah..kemaren sich belum punya ide mau bikin apa..niatnya ya cuma beli dulu aja dech..toh ubi..makin di simpan..juga makin manis dan enak rasanya. Tapi..pagi2 tadi liat ubi nganggur kok ya ngawe ngawe..minta segera di olah..hihi..ya oke lah..akhirnya aku buat Grubi ini..dalam rangka..mengekpos aneka jajanan tradisional jadul lagi ya. Nah..grubi nich kan pas banget..masuk kategori jajanan jadoel juga...walau sekarang masih banyak yang jual sich..tapi kan sedari kita kecil udah ada ya jajanan ini.

Grubi..ada yang nyebut juga carang mas..atau apalagi nama lainnya..mungkin di daerah teman2..beda lagi ya. Grubi ada yang terbuat dari ubi kayak yang aku buat kali ini..tapi ada juga yang dari singkong. Proses pembuatannya mudah banget..ubi atau singkong kupas..di serut pakai serutan keju atau serutan lain yang berlubang kecil, serut panjang2..terus di goreng hingga renyah dan kering..kayak mau goreng kentang Mustofa itu lho teman2. Setelah kering..segera masukkan gula merah sisir ke dalam wajan..aduk2 biar rata dengan ubi atau singkongnya..lalu angkat dan tirikan di serok. Nah..yang menantang adalah proses membentuknya..karena harus di lakukan..dalam keadaan ubi atau singkong goreng bergula tadi dalam keadaan masih panas..uji nyali nich teman2..hihi. Kalau aku..aku diamkan dulu sejenak sampai uap panasnya hilang..lalu cepet dech di bentuk. Kalau nunggu dingin..ya..jadi ambyar..jadinya ubi Mustofa..manis..hihihi.

Kalau grubi yang dari singkong..aku pernah liat langsung proses pembuatannya pas liat acara Jejak si Gundul di Trans tv..eh masih ada nggak ya acara itu..lama nggak nonton tivi lokal soalnya..^^ Dulu itu salah satu acara favoritku..karena si Mas Gundul itu..selalu keliling Indonesia dan daerah2 untuk belajar langsung di sentra2 pengrajin atau temapt2 pembuatan snack atau makanan tradisional di daerah2. Jadi pemirsa juga bisa belajar langsung ke ahlinya. Bisa dapet ilmu banyak. Hemm..mustinya di banyakin ya acara 2 gitu di tivi2..jadi bisa nambah ilmu buat pemirsanya..bukan sekedar acara2 hiburan yang kurang bermutu..hihi. Nah..pas di salah satu episode..Mas Gundul ini berguru ke pengrajin grubi..dan aku liat ternyata bahannya dari singkong. Singkongnya setelah di serut..di jemur dulu sebentar di bawah sinar mahatari sampai singkong layu..mungkin biar cepat kering kali ya nggorengnya. Nah..berbekal ilmu itulah aku coba tadi bikin grubi sendiri..tapi pakai ubi..dan ternyata..mudah..berhasil..jadi cantik grubinya,..dan rasanya..juga enak..tak kalah sama grubi2 yang di jual2 gitu. Suka dech..kriuk2 manis..gurih..di makan sambil nyeruput teh pahit kental..yummy dech..^^

Oke..mau coba teman2..yukk cari ubi atau singkong dulu ya...^^

Grubi

Bahan :
250 gram ubi kuning yang mempur dan kesat , serut kecil2 panjang
Gula merah 200 gram , sisir halus
Garam secukupnya
Kapur sirih 1 sendok teh, larutkan dengan air secukupnya sampai ubi terendam

Cara membuat :
Rendam serutan ubi di air kapur sirih dan garam secukupnya selama 15 menit.
Panaskan minyak goreng agak banyak di wajan besar kalau ada..supaya sekalian banyak gorengnya.
Jika minyak sudah benar2 panas, segera masukkan serutan ubi secukupnya..sampai terendam semua. Goreng dengan api sedang hingga kering dan renyah. Kecilkan api, segera masukkan serutan gula merah secukupnya sesuai tingkat kemanisan yang di inginkan, biarkan hingga meleleh, lalu aduk2 agar melekat di ubi gorengnya. Segera angkat dengan serok. Aduk rata kembali..biarkan uap panasnya hilang, segera bentuk bulat pipih atau sesuai selera. Jika takut panas..bisa pakai dua buah sendok..tapi tidak bisa rapi..lebih bagus kalau pakai kedua tangan sambil di kepal2..^^
Kemas grubi di toples jika sudah dingin.


Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts