Laporkan Penyalahgunaan

Gemblong


Gemblong...sama saja dengan getas di Jawa kali ya..cuma kalau gemblong ini bestanya pakai gula merah..atau gula Jawa. aku belum pernah coba dan makan yang besta gula Jawa ini..makanya penasaran pengen tau rasanya. Kalau di Jateng..getas itu selalu pakai besta gula pasir putih..jadinya kuenya bersalut gula putih bersih..kayak yang udah aku share dulu resepnya di SINI

Nah kali ini aku buat versi yang besta pakai gula merah..enak juga ternyata..besatnya malah jadi nggak terlalu manis..dan lebih gurih. tapi dua2nya aku tetep suka..baik besta yang putih atau gula merah ini..soalnya aku memang suka sekali kue2 dari tepung ketan.


Membuat gemblong atau kue getas ini sangatlah mudah..cukup semua bahan di campur, lalu di goreng..kemudian di besta. Yang jadi tantangan buat pemula mungkin hanya di tehnik menggorengnya saja..sehingga kadang2 ada temen yang berkata kalau membuat getas atau gemblong ini..tengahnya mentah..dll. Itu cuma karena kurang tau tehnik menggorengnya saja ya mungkin teman2. Menggoreng kue2 yang di goreng..memang mudah,.namun buat teman2 yang baru belajar masak..kadang2 suka ada kendala juga ya..misal gorengan jadi berminyak,..atau masih mentah bagian dalamnya. Hal tersebut bisa di siasati..dengan menggoreng di minyak banyak dan terendam, sehingga matang sempurna luar dalam. Api jangan terlalu besar tapi jangan terlalu kecil juga. Masukkan kue yang di goreng ketika minyak sudah di panaskan terlebih dahulu..jadi nggak akan menyerap minyak kuenya. Ciri minyak udah panas..ketika kue di masukkan..akan timbul gelembung2 minyaknya. Jangan masukkan kue terlalu banyak..agak panas minyak tetep stabil. Biarkan kue yang di goreng set dulu   matang di satu sisi, baru di balik. Jangan di utak atik sebelum salah satu sisinya matang..supaya nggak menyerap minyak atau pecah kuenya.


Untuk membuat gemblong ini..resep dasarnya sama dengan bahan getas yang aku buat dulu..tapi kali ini aku uji coba pakai campuran sedikit tapioka..bukan tepung beras..hasilnya..ya sama2 enak dan empuk gemblongnya. Tapi kalau teman2 suka gemblong yang liat..ya pakai tepung ektans emua aj aya.

Bahan Gemblong :
150 tepung ketan , 25 gram tepung tapioka, 150 gram kelapa parut, 1/2 sendok teh garam, 125 ml santan hangat.
Campur semua bahan hingga jadi adonan yang kalis dan bisa di bentuk seperti ini. Bentuk bulat lonjong pipih.


Goreng hingga matang dan kering bagian luarnya seperti ini.


Siapkan bahan besta : 100 gram gula merah, 50 gram gula pasir, 2 lembar daun pandan, 50 ml air
Cara membuat besta. rebus gula merah, air dan daun pandan dengan api kecil hingga gula larut, saring. Panaskan kembali gula merah, masukkan gula pasir, masak dan aduk kembali bahan besta di atas api kecil hingga berambut dan mengental..masukkan kue gemblong, aduk cepat dan segera matikan api. Pindahkan ke wadah lain dan biarkan besta mengeras, baru di sajikan.




Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts