Laporkan Penyalahgunaan

Bumbu Dasar Putih



Wah..hari ini hari malas buatku teman2..hihi..apa sebabnya jadi malas..pasti tau dong kenapa..karena lagi seru nonton drama Korea..hihi. Memang drama Korea nich bikin emak2 malas ngapa2 in atau bikin masakan gosong..hihi..* aku banget...*..colek mba  Intan juga..yang lagi liburan nonton dra kor..hihi dan emak2 lain yang suka drakor..ini nich aku tadi habis nonton *Bride Of The Century*..bagus banget sampai jadi malas masak..dari semalem cuma ngebut nonton ini sampai selesai..hihi. Pagi2..Yodha cuma minta sereal buat sarapan..suami tenis sampai siang..ya udah..tambah nyantai di hari libur. Siang masak mie goreng sama goreng sosis..buat Yodha..aku dan pak tukang kebun yang lagi kerja..suami minta mie nyemek..ya udah beres tho..lanjut lagi nonton dra kornya..hihi. Baru setelah selesai nonton..baru beranjak ke dapur..mau bikin terik ayam. Jadi inget dech request temen2 kemaren yang minta resep bumbu dasar ya..akhirnya sebelum bikin terik..aku bikin bumbu dasar putih dulu lumayan banyak..buat stock di kulkas..jadi praktis...kalau mau masak terik..opor..empal kelem dll...sudah punya stock bumbu dasarnya.

Eh sebelumnya mau cerita dulu ahh...soal drama Korea yang baru aku kebut tonton dari semalem ya..yaitu Bride of the Century. Casting utamanya Yang Jin Sung dan Le Hong Ki. Pas liat sampul DVD nya sich aku sebenernya kurang minat ya..karena castingnya kurang cakep..hihi..tapi karena di yakinkan sama mba penjualnya kalau ini bagus ceritanya dan happy ending..yo wis tak beli akhirnya. Ternyata memang bagus banget ceritanya..dan setelah liat dramanya..mikir2,..kok sering liat ya sepertinya si mas Le Hong Ki ini..oh alah ternyata bener..itu kan si bocah tengil yang main sebagai Jeremy di You Are Beautiful..dra kor favoritku dulu juga. Pantesan..selama nonton nich mikir2 ..sapa nich ya dia..lupa2 inget...anaknya ndak terlalu cakep..tapi kalau senyumnya cukup cute dan suaranya yang aku suka..seksi banget..serak serak gimana gitu...hihi..dan ternyata..oh iya...Le Hong Ki nich kan vokalisnya Ft Island juga ya,...salah satu boy band Korea yang lagi nge top juga. Hihi..emak2 kepala tiga ngomongin boyband ya teman2..lol..! Iya..soalnya aku suka lagu2nya..favorit Yodha juga..ada di tabnya lagu2nya..Yodha suka lagu2 Ft Island nich dan banyak di download  sama papinya...dan aku sering denger juga di channel M..pantesan suaranya bagus dan seksi..lha vokalis boy band..tapi yang versi nge rock gitu..hihi. Satu2nya boy band yang aku suka..karena ndak cuma nari2..tapi pada pinter main alat musik juga anggotanya..dan yang jelas..lagu2nya biarpun nge rock..tapi romantis..hihi. Gubrak..pengsan dech..ingat umur mak..! ^^

Back ke cerita Bride Of The Century ini ya teman2..aku kasih sedikit bocoran buat yang belum nonton..jadi ceritanya tentang konglomerat kaya di Korea..Taeyang Grup yang punya anak lelaki tertua Choi Kang Ju, yang di mainkan Le Hong Ki tadi. Udah dari April 2014 sich selesai tayang di Korea..aku nya aja yang telat beli..hihi. Inti ceritanya..yaitu sebuah legenda..di dalam keluarga konglomerat tersebut..yaitu kutukan yang sudah berumur ratusan tahun turun temurun, yaitu menantu atau istri dari anak tertua di keluarga itu..pasti akan meninggal di malam pertama.
Nah..Choi Kang Ju ini di jodohkan dengan anak pengusaha lain yaitu Jang Yi Kyung, yang ortunya punya perusahaan kontruksi yang hampir bangkrut yang ingin di akuisisi sama Taeyang grup, jadi ceritanya perjodohan bisnis seperti biasanya di drakor2. Nah..ibu pihak keluarga cewek yang di jodohkan itu akhirnya juga tau tentang ledenda tersebut..tapi tetep harus mau melanjutkan perjodohan karena ingin mengusai harta besannya...untuk menyelamatkan perusahaan kontruksi mereka yang mau bangkrut. Sementara pihak konglomerat Taeyang, ibunya yang jahat juga mau menikahkan anaknya dengan menantu yang bukan pilihannya..karena percaya juga sama kutukan tersebut..jadi ceritanya mau di korbankan gitu menatu pertamanya ini..untuk tumbal pengantin pertama..ih serem ya.
Karena takut meninggal , akhirnya pengantin wanitanya kabur, dan karena perjodohan tetep harus berjalan, Kakak si wanita akhirnya membawa wanita lain sebagai pengganti, seorang gadis miskin yang butuh uang untuk operasi neneknya..sebagai pengantin pengganti..yang memang wajahnya sangat mirip dengan adiknya. Nah..dari situ keseruan cerita menjadi semakin menarik..karena anak konglomerat yang sombong dan suka seenaknya, serta cuek sama wanita ini..akhirnya malah jatuh cinta sama si gadis miskin pengganti tersebut..karena sikap gadis miskin ini malah bertentangan dengan sifat calon pengantinnya. Gadis desa ini malah tulus , periang, baik hati dan di sayang sama calon mertua prianya..dan anggota keluarga lain..kecuali ibunya tentu saja. Si gadis miskin ini juga akhirnya jatuh hati beneran sama anak konglomerat tersebut..dan walaupun tau resikonya akan meninggal di malam pertama..dia tetep mau melanjutkan pernikahan...karena tulus dan sangat mencintai anak konglomerat tersebut..hihi..segitunya ya..mau mati demi cinta...hihi. Tapi tenang..karena ketulusan cinta ..malah nggak mati ternyata.
Nah..dari situ konflik2 baru bermunculan..karena masing2 keluarga malah kaget..lho kok nggak mati pengantin wanitanya..hihi. Gimana lanjutannya..nonton sdr ya teman2..hihi..tapi endingnya happy kok..sampai akhirnya nanti ya tetep...jadinya sama si gadis miskin ini..buka sama si gadis kaya..wis pokoknya seru dech..intrik2 ceritanya ada sedih..lucu..romantis..dan juga serem dikit..karena ada mistis dan hantu2nya juga..hihi. Tapi hantunya cantik kok..jadi aku berani liat..hihi.

Yo wis ..nonton aja sendiri ya teman2..biar ndak penasaran ya..^^ Yuk..masak dulu tapi..hihi. Buat teman2 yang kemaren request bumbu dasar..ini aku kasih yang putih dulu ya..ala aku tentu saja..nanti selanjutnya menyusul bumbu2 dasar lain..semoga bermanfaat buat stock bumbu siap pakai bulan puasa ya, biar praktis dan sedikit mengurangi kerepotan di dapur. Bumbu dasar putih ini, cocok untuk ngungkep ayam goreng, masak opor putih, empal kelem, terik khas Yogya, sayur gurih, dll. Resep kompletnya di search aja di blog atau liat di SINI Takarannya..kalau aku masak, 2 sendok makan munjung bumbu dasar ini untuk 800 ml cairan, bisa air atau santan, sesuai kebutuhan.
Bumbu Dasar Putih

Bahan :
100 gram bawang merah
50 gram bawang putih
50 gram kemiri, sangrai
1 sendok makan ketumbar, sangrai, sangrai
1/2 sendok makan merica butiran, sangrai

Cara membuat :
Haluskan semua bahan , lalu tumis dengan minyak goreng secukupnya hingga benar2 matang. Dinginkan, lalu simpan di wadah tertutup.
Jika malas ngulek, boleh pakai food processor, asal jangan pakai air ya..nanti bisa beda rasa. Jika terpaksa di blender dengan air, sebelum di tumis, masak dahulu hingga airnya habis / menguap ketika di panaskan, baru tumis bumbu hingga matang dan tanak dengan minyak, jadi tetep enak rasanya.



Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts