Laporkan Penyalahgunaan

Bubur Ubi Tapioka





Happy weekend teman2...semoga hari liburnya menyenangkan ya bersama keluarga..^^
Yang mau jalan2...selamat jalan2..ya mau di rumah saja ya selamat beristirahat ya..atau mau masak2 bareng keluarga..wah..pasti seru tuch. Kalau weekend gini tapi kegiatan di dapur di pagi hari lebih santai ya..nggak gubrak gubruk kalau seperti hari kerja..soalnya mesti nyiapin sarapan buat keluarga yang mau beraktifitas. Kalau weekend gini nich kalau kami biasanya kesempatan jajan di luar..beli sarapan yang unik2..yang nggak bias di masak di rumah..misal nasi kebuli..soto dll..walau sering masak soto..tapi memang beberapa soto legendaris di sini..belum bisa aku tiru rasanya..hihi..jadi ya..tetep suka..beli soto di luar.

Nah..buat variasi sarapan di hari libur..kita bikin bubur manis yukk..lumayan buat variasi sarapan teman2. Kali ini..dalam rangka memanfaatkan sisa ubi kemaren..aku bikin bubur ubi manis yang pakai tepung tapioka..kayak bubur biji salak gitu lho tapi ini lebih simple dan praktis..karena ubinya langsung di potong2 kotak kecil aja..dan di campur di bubur..nggak perlu ribet di buat biji salak dulu. Rasanya..tetep enak sekali..lembut dan unik bubur tapioka..di padu empuk dan original rasa alami ubi..wah..kok ya nikmat banget.

Aku kenal bubur ini..sejak tinggal di Semarang..dulu awal2 di Semarang di dekat rumah ada penjual bubur manis beraneka ragam..beliau orang Solo yang ngontrak di sini. Bubur jualannya itu komplet banget tiap pagi..ada bubur sumsum, bubur candil ketan, bubur rmutiara, bubur ketan hitam dan bubur ubi tapioka ini. Aku paling seneng bubur ubi sama bubur candilnya..enak banget. Sayangnya..tidak lama kemudian orangnya pindah kontrakan kayaknya ke Semarang bawah atau daerah gitu yang jauh..ya jadi nggak bisa beli lagi. akhirnya kalau pengen sarapan bubur manis ya harus bikin sendiri. Untung ya udah sering beli dan suka tanya2 cara bikinnya bubur ubi ini..jadi sekarang bikin sendiri aja..udah bisa...dan sama enaknya hasilnya sama yang di jual ibu penjual bubur manis langgananku dulu.

Mau coba teman2..silahkan..nyicil buat resep takjil puasa juga nich..cocok banget bubur ubi ini...ini resepnya ya..^^
Bubur Ubi Tapioka

Bahan :
1 buah ubi ukuran besar / kira2 250 - 300 gram yang warna kuning atau orange, lebih cantik sich kalau ada yang  orange ya, kupas, cuci bersih, potong kotak2 kecil.
50 gram tepung tapioka, encerkan dengan dua sendok air
150 gram gula merah
2 lembar daun pandan
1/2 sendok teh garam
700 ml air
Santan matang yang sudah di rebus dan di beri garam sedikit,  secukupnya untuk penyajian

Cara membuat :
Rebus air, gula merah, garam dan daun pandan hingga gula larut dan mendidih.
Saring dan didihkan kembali di panci, masukkan ubi potong, masak hingga ubi matang, tapi jangan terlalu empuk ya..biar tetep ada tekture ketika di gigit. Setelah ubi matang, masukkan tepung tapioka yang sudah encerkan. Aduk rata hingga jadi bubur yang kental.
Sajikan setelah dingin dengan kuah santan secukupnya.

Tips :
Bubur ini enak juga di nikmati dalam keadaan dingin di kulkas..tapi jangan terlalu lama ya nyimpan di kulkasnya..nanti jadi mengeras..jadi kayak ongol2..hihi..kan dari tapioka bahannya.
Bubur ini jangan di nikmati ketika masih panas ya..soalnya jika masih panas di tambah santan dan di aduk2..nanti jadi nyampur santan dan buburnya..kurang seru dech..rasanya. Paling enak di nikmati ketika bubur sudah dingin, di tuang santan..sendok buburnya..dan santannya..nyam..nyam...rasakan perpaduan rasa ya indah..biar menyatu ketika di mulut aja..* lebay polll....hihi..*

Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts