Laporkan Penyalahgunaan

Brongkos Kering


Beberapa waktu lalu aku pernah bikin brongkos, karena masaknya lama..aku pakai api kecil dan aku sambi2..apa gitu lupa..nah..akhirnya brongkosku sampai kering..kuahnya habis. Tapi nggak gosong..dan setelah aku cicipin..lho kok malah tambah enak. Nah..sejak itulah kadang2 kalau bikin brongkos..sengaja aku keringkan..kayak kali ini aku masak. Kuahnya tinggal sedikit sekali..nyemek gitu dech istilah orang Jawa..dan bumbunya jadi mengental. Rasanya..enak sekali..berasa brongkos yang sudah nginap berhari2...hihi. Brongkos memang lebih enak kalau sudah di inapkan...rasanya makin mlekoh dan meresep bumbu2nya. Di makan sama nasi putih aja ya udah enak banget. Apalagi kacang tholonya..kan jadi lama di masak dengan bumbu2..jadinya tambah enak da merasuk bumbu2nya..daging juga..enak di buat brongkos versi kering ini. Kalau mau murah meriah ya tahu saja. Kalau aku...suka ketiganya aku campur..hemmm...yummy.

Yang belum tau brongkos..itu masakan khas Yogya..atau daerah lain juga ada ya kali..tapi di Yogya..banyak warung2 brongkos yang legendaris dan terkenal..dan sudah jadi tujuan wisata kuliner. Kalau aku sendiri..makan brongkos..ya sudah tak terhitung lagi..sedari kecil..minimal seminggu sekali ibuku masak brongkos ini..paling2 bahannya saja yang di ganti2 biar nggak bosan. Tapi apapun itu yang di masak brongkos..aku kok ya tetep suka..hihi. Tapi memang paling suka ya yang brongkos kacang tholo begini..^^
Brongkos Kering

Bahan :
250 gram daging tetelan sapi
200 gram kacang tholo , rendam 3 jam hingga mekar
5 buah tahu kulit, potong serong
Santan 1500 ml
Garam sesuai selera
Kaldu bubuk rasa sapi 1 sendok teh ( jika suka )
2 ruas jari lengkuas, memarkan
2 batang serai, memarkan
3 lembar daun jeruk
2 lembar daun salam
Bumbu halus :
8 siung bawang merah
3 siung bawang putih
5 buah kluwak
1/2 sendok makan ketumbar
1/2 ruas jari kencur
6 butir kemiri
50 gram gula merah
2 buah cabe merah

Cara Membuat :
Haluskan bumbu halus , lengkuas , serai, salam dan daun jeruk. Tumis hingga harum, lalu masukkan daging, kacang tholo , tahu dan santan, masukkan bahan dan bumbu2 lain, lalu masak dengan api kecil hingga daging matang dan kuah mengantal agak nyemek. Sajikan dengan nasi putih.


Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts