Laporkan Penyalahgunaan

Bongko Kacang Tholo



Masih..edisi resep yang pakai kacang tholo / tolo / kacang tunggak..hihi. Suka sich sama kacang jenis ini...soalnya di buat aneka makanan , di masak atau di buat cemilan kok ya enak menurutku. Kayak sambel goreng..brongkos, lentho dan di kukus sama ketan kayak yang kemaren aku posting. Mungkin olahan kacang tholo ini cuma banyak di Jawa ya..atau memang ggak ada kali ya bahannya di luar Jawa. 

Pohon kacang tholo ini sejenis kacang panjang..tapi buahnya lebih pendek..ya masih satu kerabat gitu dech sama kacang panjang. Dulu ibuku suka nanem sendiri sich di kebun..jadi ya..sudah sangat akrab dengan berbagai hidangan dari kacang tholo ini sejak kecil. Paling suka sich kalau di masak jangan brongkos..wah enak banget itu..bisa di makan tanpa nasi kacang tholonya. Aplagi kalau udah nginap semalam dech jangan / sayur brongkosnya..wua..tambah sedep itu.


Ngomongi kacang tholo..jadi inget satu bahan lagi yang dulu sering di masak ibuku..yaitu umbi kecil2..*kleci*..rasanya kayak kentang, warnanya hitam, bentuknya kecil2 lonjong..wah..masih ada nggak itu ya..itu juga paling enak di sayur..terus di gado aja makannya. Oh..jadi tambah kangen Yogya..pengen cepet2 akhir bulan..hihi..biar Yodha segera selesai ujian..terus pulang dech...berburu kuliner jadul..pengen bakmi pentil ( di baca kayak baca *pensil ya..hihi )..kethak..growol..emping garut..pengen cari manggar kelapa di kebun buat bikin gudeg..pengen makan nasi wiwitan..atau ayam goreng mbah Cemplung di Kasongan..walah..makanan semua...hihihi..yang jelas ya kangen ibuku juga.

Jadi buat tombo kangen makanan jadul..aku bikin bongko kacang tholo ini dulu dech. Bongko ini mirip2 bothok kelapa..cuma bahan utama lainnya yaitu kacang tholo ini. Kalau yang pakai kacang kedelai biasa..kalau di tempatku di Yogya di sebut pelas. Sering di masak untuk ubo rampe makanan untuk besekan kendurian..kalau ada hajatan di rumah.
Bongko Kacang Tholo

Bahan :
250 gr Kacang tolo
1/2 btr Kelapa yang muda, parut
Daun pisang secukupnya
Areh santan kental secukupnya, dari santan kelapa yang di rebus sampai kental dan di ambil bagian kepala santannya ( aku pakai santan kental instan ukuran kecil, di rebus sebentar terus di campur sama 1  buah putih telur dan sedikit garam ) , tapi ini optional..nggak pake juga tetep enak.

Bumbu:
3 siung bawang putih
1/2 sdt ketumbar
2 cm lengkuas, memarkan
1 ruas jari kencur
2 lbr daun salam, potong2 kasar
1 sdm gula merah
1/2 sdm garam
Cabe rawit secukupnya 

Cara Membuat :
Rendam kacang selama 3 jam, sampai lunak, rebus  lalu tumbuk kasar. Haluskan bumbu kecuali daun salam dan lengkuas.
Campur kacang tumbuk, kelapa parut, lengkuas, daun salam dan bumbu halus hingga rata.
Bungkus adonan dengan daun pisang , beri 1 sendok adonan areh santan dan 1  buah cabe rawit, kukus hingga matang, kurang lebih 20 menit. angkat, sajikan.

Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts