Laporkan Penyalahgunaan

Balado Teri Pete


Pagi2 nggak punya lauk buat sarapan..paling simple dan praktis ya bikin balado saja..kebetulan punya teri di kulkas. Cuma sayangnya terinya asin sekali..jadi ya agak mempengaruhi rasanya..hihi. Harus pinter menyeimbangkan antara pemakaian gula dan garam, kalau ngolah teri asin begini ya teman2. Tapi buatku sich nggak masalah..karena aku suka yang namanya ikan asin..teri asin dll..kan ya memang asin rasanya..hihi. Nah..tinggal di bumbuin ya agak berani dengan cabai rawait yang pedas, baklan tersamar kok rasa asinnya.

Balado teri kali ini aku pakai cara yang cabai dan bumbu di ulek mentah dulu , baru di tumis, kadang2 yang pakai cara yang di goreng dulu sambelnya..kayak sambel tomat. Jadi..suka2 aja sich kalau bikin balado mau pakai tehnik mana. Semua enak2 saja menurutku. * apa sich yang nggak enak buat emak2 ya teman2..hihi..*
Oh ya..kalau aku pakai teri yang semi basah tadi..jadi memang asinnya agak kenceng..kalau yang nggak suka teri asin, bisa pakai teri medan atau teri tawar..kan ada tuch yang rasa asinnya nggak terlalu. Yukk mari sarapan dulu...^^
Balado Teri & Pete

Bahan :
50 gram teri sesuai selera, goreng 
1/2 papan petai, belah dua
6 buah cabai merah
1 - 2 buah  tomat merah, potong2
10 buah cabai rawit ( sesuai selera )
6 butir bawang merah
1 siung bawang putih
Terasi 1 sendok teh, bakar atau goreng
Kaldu ayam bubuk 1/8 sendok teh ( dikit aja biar gurih sambalnya..jika tidak suka..abaikan )
Gula merah atau gula pasir sesuai selera
Garam sesuai selera jika masih kurag asin, tapi kalau udah asin terinya..hati2 ya pakai garamnya.

Cara membuat :
Ulek cabai rawit & merah, terasi, bawang putih, bawang merah, nggak perlu terlalu halus. Tumis hingga harum dan matang benar ya..supaya tidak langu bumbunya. Masukkan tomat, aduk hingga layu, tambahakn sedikit air jika takut gosong, tapi sedikit saja ya. Beri bumbu2 lain, masukkan pete dan teri. Koreksi rasa. Jika sudah pas, angkat dan sajikan hangat.


Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts