Laporkan Penyalahgunaan

Ase Cabe Hejo Tahu & Soun



Dari judulnya..sudah tau kan pasti teman2 ya..kalau yang mau aku posting adalah masakan Sunda. Masakan Sunda..adalah jenis masakan yang mudah di terima lidah kita ya teman2..terutama ya yang lidah sama2 Jawa..kan masih masuk Jawa juga..Jawa barat..hihi. Dan sebenernya masakannya ya mirip2 masakan Jawa Tengah ya..cuma beda2 dikit di bahan atau bumbu. Kayak Ase cabe hejo ini..kalau di Yogya ada juga masakan dari bahan soun kayak gini..tapi nggak pakai cabai hijau..jadi di sebutnya semur soun. Biasa di campur kentang goreng atau telur. Sering sich aku posting resep semur soun khas Yogya dengan berbagai variasi..salah satunya di SINI

Nah..sekarang buat variasi..mari kita cicipi menu ase cabe hejo khas Sunda ini ya teman2..rasanya sich sama enak dengan semur soun,..bumbu2nya  juga mirip ternyata..cuma beda pakai cabe hejo aja. Aku memang suka sich semur soun ini dari dulu. Kalau di tempatku di Yogya..salah satu menu wajib jika ada hajatan. Di Semarang sini juga sering ketemu dalam bentuk semur tumisan soun gini. Cuma di Semarang biasa di campur jamur kuping yang kering yang kenyil2 gitu..wah itu enak juga. 

Jadi..memang masakan Indonesia..yang pada dasarnya sama..bisa beragam variasi ya teman2..sungguh..kita harus sangat bangga lho..olahan soun kita banyak variasinya..cuma belum ada yang nge top kayak Japchae Korea ya..hihi. Kalau nonton drama Korea..tau kan salah satu masakan khas Korea..yang sering banget ada adegan makan masakan dari mie kayak soun yang di sebut Japchae itu..mereka bener2 bangga degan masakan tersebut kayaknya..hihi. Padahal ya cuma tumis soun biasa lho teman2..di campur aneka sayuran atau daging kalau ala Korea ini..bumbunya juga cuma bawang putih, kecap..minyak wijen dan merica..so biasa aja kan..tapi betapa mereka bangga ya dengan masakan tradisional mereka ini..sampai2 di banyak drama2 Korea tuch banyak adegan makan atau masak Japchae ini..hihi...dan jadi nge top dech masakan ini. Beberapa waktu lalu nonton acara K Battle Chef..yang pesertanya katanya top chef dari seluruh daerah Korea,..eh salah satu yang di lombakan juga..masak soun   tumis begini..wah..keren ya rasa cinta mereka terhadap hidangan tradisi. 

So..sebagai warga Indonesia..aku juga bangga dengan masakan semur soun atau ase cabe hejo ini..nah..bagamana dengan teman2..??..* mulai dech nge latur ya ceritanya teman2..hihi..sorry..! Oke..yukk cobain aja ase cabe hejo ala aku ini ya..^^
Ase Cabe Hejo Tahu & Soun

Bahan :
1 bungkus soun yang gede2 panjang2..soun lokal ya..buka yang RRT
2 buah tahu putih, potong kecil2, goreng
2 sendok makan kecap manis atau sesuai selera aja ya
1/4 sendok teh gula pasir
1 sendok teh kaldu ayam atau sapi bubuk, jika tidak suka..abaikan, ganti garam sesuai selera
Air 200 ml
8 buah cabai hijau, potong serong 

Bumbu halus :
5 butir bawang merah
2 siung bawang putih
4 butir kemiri
1/2 sendok teh merica butiran

Cara membuat :
Masukkan soun di air mendidih, biarkan hingga lemas dan bening. Tiriskan.
Tumis bumbu halus hingga harum dan matang, masukkan cabai hijau, air dan semua bumbu lain. Masukkan tahu, tutup dan masak hingga meresap dan kuah menyusut setengahnya. Terakhir masukkan soun, aduk rata hingga kuah terserap di soun dan bumbu merata. Koreksi rasa. Angkat. Sajikan hangat.



Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts