Laporkan Penyalahgunaan

Tahu Gimbal Semarang




Kemaren sore lagi pengen makan tahu gimbal..akhirnya bikin dech..tapi dengan versi baru bumbunya nggak terlalu halus..beda sama yang biasa aku bikin..yang aku ulek halus kayak bumbu pecel..kali ini lagi pengen yang versi bumbu berkuah banyak dan bercitara seger..karena kacangnya nggak di ulek halus, jadi ada sensasi kres2 kacangnya. Dulu pernah makan tahu gimbal model gini di salah satu warung tahu gimbal di pojok Jatiraya deket rumah..cuma sekarang ndak ada lagi..ibu penjualnya udah meninggal. Jadi bikin sendiri aja di rumah..sama enak kok. Untuk resep kali ini juga aku coba pakai petis rada lebih banyak..dan hasilnya lebih sedep. Yapp..begitulah aku..nggak pernah puas dengan satu resep walau udah enak hasilnya..terus mencoba2 aneka versi masakan..walau jenisnya sama dan udah pernah ku posting. Tapi dengan bumbu yang semakin di sempurnakan..hasilnya juga akan berbeda dan semakin enak. 

Tahu gimbal adalah makanan khas Semarang yang banyak di jumpai dan di jual di kaki lima. Tahu gimbal ini adalah jenis makanan olahan tahu dan lontong yang berbumbu kacang..tapi dengan ciri khasnya yaitu ada tambahan gimbal udang. Ini yang bikin tahu gimbal spesial rasanya. Gimbal udang yang gurih ini yang membuat sensasi rasa tahu gimbal berbeda dengan olahan lontong tahu dari daerah lain. Aku paling suka gimbal udangnya..kalau beli tahu gimbal pasti minta di tambahin gimbal udangnya. Di Pusat kota Semarang sendiri bahkan ada sentra tempat jajan tahu gimbal ini..di taman KB..cuma kok mahal ya aku sering makan di sana..jadi lebih baik masak sendiri di rumah teman2..kalau mau makan tahu gimbal..mudah kok..lebih murah..hemat dan jadi banyak..jadi..bisa nambah gimbal udangnya sepuasnya..hihi.

Have a nice  weekend..yukk..masak enak buat keluarga..^^
Tahu Gimbal Semarang

Bahan2 Gimbal Udang :
Terigu protein sedang 100 gr
Tepung beras 50 gram
Udang seger ukuran kecil 250 gram
Bawang putih 2 siung
Ketumbar 1/4 sendok teh
Kaldu ayam bubuk 1/2 sendok teh ( optional )
Garam secukupnya
200 ml ( secukupnya )

Cara membuat :
Bersihkan udang dari kotoran, cuci bersih, kepala dan kulit tidak perlu di kupas.
Haluskan bawang putih dan ketumbar, aduk rata dengan semua tepung dan air, serta bumbu lain, sampai adonan rata dan kental, tapi tidak sekental bakwan ya.
Ambil satu sendok sayur adonan..tata udang di atasnya..lalu masukkan ke minyak yang sudah di panaskan, lalu goreng hingga matang.

Bahan Pelengkap :
2 buah lontong
2 buah tahu putih, goreng
Kol, iris kecil
Taoge panjang, rendam air panas
Telur ceplok 2 buah
Seledri & bawang goreng untuk taburan

Bumbu kacang :
Bawang putih 2 siung ( kalau kurang suka aroma bawang putih mentah boleh di goreng dulu )
Kacang tanah 100 gram, goreng , ulek jangan terlalu halus
Cabai rawit merah 5 buah ( atau sesuai selera )
1/4 sdk teh garam
Petis udang 1 sendok makan
Air asam  1 sdk teh
Air matang 150 ml - 200 ml
Gula merah 2 sendok teh.
Garam dan kecap secukupnya
Haluskan semua bumbu saus, tambahkan kacang, air matang dan asam , lalu tambahkan kecap sesuai selera.

Penyajian :
Atur lontong, tahu goreng, kol, taoge di piring, beri irisan gimbal udang dan telur ceplok, taburi bawang merah goreng dan seledri, terakhir siram saos kacangnya..sajikan utk 2 piring tahu gimbal. Yummy..selamat menikmati sepiring tahu gimbal khas Semarang..! ^^


Mau nambah gimbal udangnya..boleh lho..yukk ambil sepuasnya..itu *ngawe2 minta di comot kan itu gimbal udangnya teman2..soalnya aku pakai udang yang seger..jadi wara gimbal udangnya cantik dech..^^




Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts