Laporkan Penyalahgunaan

Singkong Thailand



Lagi rajin buat jajanan..jajanan murah meriah sich..lha tadi ke pasar..liat singkong seger dan bagus2..tanahnya masih nempel basah di singkong..tandanya baru metik mbah yang jualnya. Aku selalu tergoda liat singkong fresh gitu..karena di olah apa aja kok enak. Daripada beli jajanan mateng..3 ribu dapet apa coba..hihi...kalau beli singkong mentah udah dapet sekilo lho teman2..dan nggak bakal abis di makan sendiri..hihi..soalnya yang suka singkong di rumah ya cuma aku..hihi. Akhirnya dari pada ribet2 kok aku lagi pengen makan singkong rebus tadi..ya sudah..di rebus saja separo..sisanya pikir besok mau di buat apa. 

Tapi sigkong rebus gitu aja kok ya kurang seru...baiklah..aku buat singkong rebus yang rada2 keren..yaitu buat singkong rebus ala Thailand. Ala2 aja sich..ndak persis2 banget..soalnya..seperti biasa..aku sesuaikan seleraku manis dan sausnya. Aku suka singkong rebus..biasa pakai gula merah kalau jaman kecil dulu..atau di rebus pakai santan kanil..ibuku juga suka bikin gitu. Kalau singkong Thai ini kan singkong yang di rebus dengan gula pasir, kemudian di siram dengan saus santan putih yang di kentalkan.Gitu aja bisa nge top banget ya teman2..ke seluruh penjuru dunia..hihi..padahal olahan singkong kita ya seabrek ya..dan enak2 pula..tapi belum satupun yang nge top..apa orang Indonesia malah malu makan singkong kali ya..lebih suka makan roti dll..ah tidak juga..aku suka singkong....hihihi.

Singkong Thai ala aku..nggak medok2 banget merebusnya..aku suka yang masih terasa gigitanya..jadi sesuaikan selera saja ya teman2..kalau mau empuk  banget ya rebus sampai medok singkongnya. Manis juga...sesuaikan selera. Hasilnya..ya memang enak..karena singkongnya mempur dan baru..jadi di masak simple gini aja udah enak sich. jadi..kunci enaknya singkong Thai ini adalah kualitas dari singkongnya. Jangan pakai singkong yang magel atau pahit ya teman2..soalnya susah empuk dan mempur jika di rebus.
Singkong Ala Thailand

Bahan :
500 gram singkong
75 - 100 gram gula pasir / sesuai sleera
1/2 sendok teh garam
2 lembar daun pandan
Air secukupnya sampai singkong terendam, aku pakai panci kecil..jadi kira2 600 ml cukup tadi.
Cara membuat :
Rebus semua bahan di atas dengan api kecil hingga singkong empuk. Sajikan dengan saus.

Saus, aduk rata :
200 ml santan
1/4 sendok teh garam
1 sendok makan gula pasir
Daun pandan 1 lembar
1 sendok makan tepung tapioka / maizena
Cara membuat saus :
Didihkan semua bahan, aduk rata hingga mengental
 
Eh..kalau aku yang tanpa saus,..baru di rebus gini juga suka lho teman2..udah enak..manis dan gurih..legit gitu singkongnya..^^

Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts