Laporkan Penyalahgunaan

Serba Serbi Pai



Pie..atau kalau di Indonesia di kenal dengan nama pai...sudah tau kan ya teman2 pastinya..atau mungkin sudah jadi kudapan favorit di rumah. Lama aku nggak bikin pai..padahal dulu awal2 belajar baking suka banget mencoba berbagai macam resep pai dari luar..tapi..ya karena di rumah yang doyan pai cuma aku..akhirnya jarang bikin lagi dan tenggelam resepnya..berganti dengan berbagai uji coba resep kue2 lain..hihi. Nah kemaren aku bikin pai..sampai lupa..resep mana dulu yang enak dan sering aku bikin..akhirnya coba2 aja lagi beberapa kali..dan yang terakhir kemaren..sipp..udah bisa lagi bikin crust yang enak dan empuk kayak dulu. Cuma sayangnya kemaren pakai apel manis..jadi kurang nendang isiannya..karena aku suka isian pai apel yang asem2 seger gitu. Oke dah..jadi resepnya nanti saja ya tak postingnya..kalau udah buat lagi isiannya yang sipp.

Tapi..karena hasil pai nya cantik..hihi..sayang kalau ndak di pajang fotonya..jadi aku mau nulis tentang serba serbi pai aja ya..dari sejarah..jenis dan juga tips2 membuat pai. Semoga bermanfaat ya teman2..siapa tahu yang baru mau belajar baking..ada yang mau belajar bikin pai di rumah.

Pai menurut sejarahya..sudah di kenal sejak jaman Mesir kuno..dahulu merupakan adonan pembungkus daging atau atau bahan2 lain agar tetap lembab ketika di masak..jadi bisa terbungkus dan kedap udara, sehingga tidak mudah basi jika di bawa bepergian jauh. Bahan kulit pai dulu keras dan padat terbuat dari terigu, telur dan lemak.

Seiring perkembangan jaman..pie bertransformasi menjadi jenis pastry yang lebih modern..dengan komposisi bahan yang lebih ideal..sehingga menghasilkan kulit pai yang lebih enak rasanya dan bisa di konsumsi langsung dengan bahan isiannya. Pai akhirnya populer sebagai salah satu pastry yang di gemari di Amerika..Inggris..dan negara2 lain. Hingga semakin bayak ragam dan variasi pai yang terkenal. Tak terkecuali di Indonesia..pai juga salah satu kudapan favorit yang banyak di gemari. Salah satu pai yang paling di gemari di Indoneisa adalah pai apel. Namun selain pai apel..sebenernya masih banyak jenis2 pai lain.

Sekarang ini pai sudah berkembang jenis dan macam namanya. Berdasar bentuknya pai di bagi menajdi tiga macam :
Pai : Berbentuk besar dan bagian atas tertutup
Flan : Berukuran besar dengan bagian atas terbuka
Tartlet : Pai berukuran mini ( individual )

Pembuatan pai, memakai bahan utama tepung terigu yang berprotein sedang atau rendah jika mau lebih renyah. Lemak yang di pakai adalah margarin atau mentega atau campuran keduanya. Pemakaian margarin membuat pai renyah, sedang mentega membuat pai lebih ngeprul atau mawur. Selain itu di tambah pula telur..ada yang pakai semua bagian telur..atau kuningnya saja. Sedikit gula di tambahkan untuk menambah rasa dari pai. 

Proses pembuatan kulit pai, bisa di lakukan dengan dua cara :
Semua bahan di aduk jadi satu dengan bantuan pisau atau garpu..atau ujung jari tangan, sehingga menghasilkan adonan yang berbutir2 / masir / mawur dan aka menyatu ketika di giling.
Bisa juga adonan di kocok dengan mixer, pertama kocok margarin / mentega di kocok dengan gula, lalu tambahkan bahan lain, seperti membuat kue kering.
Setelah adonan jadi..adonan lalu di tipiskan dengan cara di giling, sehingga menghasilkan adonan dengan tebal yang sama..sehingga lebih mudah meletakkannya ke cetakan pai. 

Proses pengovenan pai, bisa di lakukan dengan mematangkan dahulu kulit pie hingga setengah matang, kemudian baru di isi bahan isi dan di matangkan kembali. Jangan lupa tusuk2 bagian bawah adonan yang akan di oven..dengan garpu..supaya tidak menggelembung. Pai crust yang sudah di oven setengah matang, bisa di simpan untuk persediaan..atau menghemat waktu jika mau membuatnya dalam jumlah banyak.

Isian pai bisa manis atau gurih. Yang paling kita kenal adalah isian pai manis, yaitu pai apel. Namun sebenernya kita bisa berkreasi dengan buah2 lain..misal nanas..strawberry..dll yang tak kalah enak dengan apel jika di buat isian pai.

Oke..selamat berkreasi dengan pai ya teman2..^^


Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts