Laporkan Penyalahgunaan

Semur Kering Bola Bola Daging & Telur Puyuh




Ini adalah salah satu menu favorit Yodha. Dia lagi suka makan daging..tapi daging giling yang benar2 halus dan tanpa lemak..jadi bener2 kualitas super gitu..tanpa serat..hihi..belinya harus di toko daging langganan. Jadi..kalau di masak bisa empuk dan nggak berserat. Pernah aku beliin di pasar..daging..aku cincang sendiri..nggak mau dia..gaya banget ya teman2...hihi. Tapi nggak juga sich..cuma rada pemilih memang kalau makan daging Yodha..kalau nggak di masak sampai super empuk..atau yang bener2 daging giling halus gini ..baru mau makan dia. 

Yodha suka makan daging akhir2 ini..katanya mau jadi kayak singa..biar jadi raja..*lebay banget sich Kakak nich..*..efek sering nonton Nat geo wild dech kayaknya. Yapp..walau udah 7 tahun..dia itu kadang masih polos gitu dan juga berimajinasi kayak anak2. Katanya singa itu hebat..paling kuat dan di takuti hewan2 lain di hutan..jadi dia mau jadi kayak singa..suka makan daging..hihi. Sering juga aku ledekin..kalau dia makan sate aja di lepeh2..terus Yodha nge les gini.." Ya..kalau anak2..makan dagingnya harus yang lembut dan empuk dong mi..! "..hihi..bisa aja Kakak. Yo wis lah..yang penting sekarang udah suka makan daging kamu Kak..soalnya kan memang dalam masa pertumbuhan..butuh banyak protein dia..jadi harus pinter2 bikin menu daging2 buat Yodha. 

Nah..menu semur bola bola daging ini jadi salah satu menu favorit Yodha..karena selain dagingnya empuk, juga di masak sampai kuah mengental dan agak kering..jadi bumbunya benar2 merasuk ke daging dan lebih gurih. Di makan pake nasi anget..pakai kuah kentalnya aja udah enak banget. Mau coba teman2..yukk di catet ya..sapa tau bisa jadi menu favorit keluarga di rumah juga..^^
Semur Kering Bola Bola Daging & Telur Puyuh

Bahan :
250 gram daging sapi  segar yang kualitas bagus, cincang halus

1 sendok teh garam
1 putih telur

10 butir telur puyuh rebus, kupas
1 buah wortel, potong2 tipis
1/2 buah bawang bombay, potong panjang2
Garam secukupnya
1/2 sendok teh  kaldu bubuk rasa sapi
1/4 sendok teh pala bubuk
2 sendok teh gula pasir
4 sendok makan kecap ( sesuai selera )

1 buah tomat besar segar, parut / cincang halus.
1000 ml air

1 sendok makan margarin / minyak untuk menumis

 
Bumbu halus :
2 siung bawang putih , 6 butir bawang merah, 10 butir merica butiran , 4 butir kemiri

Cara Membuat :
Aduk daging cincang, putih telur dan garam, bagi menjadi bulatan2 kecil, rebus di air mendidih sampai matang.
Haluskan bawang merah,kemiri, bawang putih dan merica. Panaskan margarin , tumis bawang bombay sampai harum, masukkan bumbu halus, tumis hingga bumbu matang. Masukkan air dan bumbu bumbu lain, pala garam, bumbu kaldu, gula dan kecap. Setelah mendidih masukkan bola bola daging, wortel dan parutan tomat. Masak hingga meresap dan kuah mengental.


Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts