Laporkan Penyalahgunaan

Sambal Bawang Gurih



Kemaren sore aku goreng udang kecil2..di balur tepung..jadi udang krispi. Nah..pagi tadi masih ada sisa..jadi kepikiran buat sarapan..di temani sambal bawang. Dulu banget pernah bikin juga sambal bawang ala Bu Rudy ..nyontek resep di internet gitu..tapi kurang cucok di lidah..jadilah sekarang aku bikin versi aku sendiri..alhamdulillah kok ya enak..dan jadilah sarapan pagi2 kelas berat..karena pakai sambel yang super pedas dan gurih begini..jadilah semangkuk nasi merah habis..hihi..untung maemnya nasi merah..jadi nggak meras berdosa pada tubuh..karena sarapan kok porsi maksi..hihi.


Tapi memang enak sich sambel bawang ini..buat yang suka bawang lho..citarasanya gurih banget..dan pedasnya..nampol dech..karea pakai cabe rawit merah. Apalagi di makan pakai udang goreng kering yang renyah..wah..nggak terasa sepiring dech habis..padahal niatnya tadi cuma sarapan saparo mangkuk nasi lho..itu cuma buat di foto aja nasinya utuh..eh kok ya habis juga..lol..! Kalau di Surabaya..namanya jadi nasi udang ya teman2. Dan katanya sambelnya ya pedas dan enak ya..bu Rudy itu..aku belum pernah nyicip sich aslinya..cuma dari beberapa review sich kunci agar sambelnya gurih kayak bu Rudi itu pakai minyak bekas menggoreng udang dan penyedap..kayak vetsin gitu. Kalau aku nggak pake..cuma pakai garam dan sedikit sekali kaldu bubuk.serta sejimpit gula pasir untuk naikin rasa gurihnya..dan pakai minyak bekas menggoreng udang juga....alhamdulillah..jadi sambal bawang yang enak dan gurih,..sesuai harapanku tadi. Sambelnya enak..dan nggak bau langu bawang merah..karena di masak..cocok buat yang nggak suka aroma bawang mentah. Jika mau variasi..sambal ini juga enak di beri campuran teri nasi goreng atau ebi.
Sambal Bawang Gurih

Bahan :
20 buah cabai rawit merah ( sesuai selera pedasnya, aku karena di makan pagi2 tadi..nggak berani lebih banyak tadi..tapi ini juga udah pedess lho )
8 buah bawang merah, potong kasar
Minyak jelantah bekas menggoreng udang atau lauk lain
Kaldu bubuk 1/8 sendok teh ( sejimpit aja )
Garam secukupnya
Gula pasir 1/8 sendok teh ( sejimpit kecil )

Cara membuat :
Goreng cabai dan bawang asal layu aja..jangan terlalu kering, lalu ulek kasar.
Panaskan minyak jelantah bekas menggoreng udang, masukkan ulekan cabai dan bawang, tambahkan garam, kaldu bubuk, dan gula. Aduk rata dan masak hingga sambal matang. Dengan api kecil ya..karena  tanpa air sambal ini. Sajikan dengan udang krispi atau lauk lain sesuai selera.

Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts