Laporkan Penyalahgunaan

Roti Goreng Isi Ayam


Suatu kali pernah ngobrol sama tetangga..mereka bilang.."Kok bu Diah ini sempat2nya dan rajin bikin roti..kan beli di bakery aja..banyak..murah dan juga tinggal pilih..nggak perlu repot2. Tukang roti keliling juga banyak..kata mereka." Aku sich senyum2 aja..seandainya mereka merasakan enaknya roti hangat homemade yang baru keluar dari oven..atau baru saja di goreng..mungkin akan berpendapat beda ya..hihi. Roti homamade..yang masih hangat dan fresh..rasanya enak banget..nggak bisa di bandingin dengan produk bakery manapun..yang kadang2 bentuknya cantik2..di pajang di etalase mewah..di kemas bagus..namun..kadang udah lama di pajangnya ya..jadi keras..dll..nggak fresh lah pokoknya. Jadi..aku memang sangat selektif memang kalau makan roti2 an..kalau beli di bakery2 gitu kayak nggak ada *jiwa* rasanya..halah..lebay bahasanya..iya beneran lho teman2..menurutku roti2 di bakery itu di buat dengan penuh perhitungan usaha..dengan tambahan bahan2 pengembang yang berlebih..pengempuk berlebih..jadi..kadang keliatan bentuknya cantik2 dan gede2..tapi kalau di makan..kempes dan lengket..nggak bercitarasa roti jadul lagi..hihi. Beda kalau homamade..selain masih anget..terasa dech gigitannya..bener2 makan roti..hihi. 

Jadi..kalau lagi pengen makan roti..aku lebih suka bikin sendiri dech..dan favoritku adalah roti goreng. Entah mengapa memang aku kurang suka roti2 an yang di oven..cepet neg dan bosan aja makannya. Beda..dengan roti goreng..yang nggak mbosenin gitu..karena selain lebih gurih..isinya pun bisa di buat macam2 varian..bisa isi ayam..isi sosis..dll. Saat yang paling enak menikmati roti gorengan adalah ketika baru matang dan masih hangat..rasanya..benar2 yummy...! Kres2 roti goreng bagian luar..di padu dengan lembut dan empuk di bagian dalam..sungguh..suatu paduan rasa yang nggak bakal di dapet dech di bakery2..^^

Untuk membaut roti goreng yang enak..minyak buat menggoreng musti banyak ya teman2..dan api jangan terlalu besar..agar matang sampai ke bagian dalam2nya. Jika nggak mau cepat gosong bagian luarnya..cara terbaik adalah di lapisi tepung panir. Namun jika mau tanpa tepung panir..jangan terlalu banyak ya...pemakaian gulanya teman2..supaya nggak mudah gosong. Adonan roti juga benar2 kalis dan elastis..agar di hasilkan roti goreng yang berserat halus dan empuk serta lembut rasanya. Oke..setuju dengan pendapatku..bahwa roti homemade itu enak..yukk bikin teman2..^^
Roti Goreng Isi Ayam

Bahan isi:
Fillet dada ayam 250 gram
2 lembar daun salam
1 batang serai, ambil putihnya, memarkan
½  sendok teh garam, ½ sendok teh kaldu bubuk rasa ayam ( sesuai selera )
1/4 sendok teh merica bubuk
1 sendok makan gula pasir
150 ml santan dari 1/4 butir kelapa
1 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu halus:
5 butir bawang merah
2 siung bawang putih
2 butir kemiri, sangrai
1/4 sendok teh ketumbar, sangrai 

Cara membuat :
Rebus daging ayam sampai matang. Angkat. Suwir suwir halus.
Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan daun salam dan serai, ayam suwir, garam, kaldu bubuk, merica, gula dan santan. Masak hingga bumbu meresap dan kering.

Bahan roti :
Tepung terigu protein tinggi 200 gram
Gula pasir 25 gram
Air 100 - 125 ml ( secukupnya sampai adonan kalis )
Susu bubuk 1 sendok makan
Ragi instan 1/2 bungkus
Margarin 25 gram
Garam 1/4 sendok teh
Kuning telur 1 butir

Lapisan :
1 butir putih telur, kocok lepas dengan garpu
Tepung pangko 100 gram

Cara membuat :
Campur terigu, gula, susu bubuk, ragi instan, masukkan kuning telur, dan air sedikit demi sedikit sambil di uleni hingga kalis. Masukkan margarin dan garam , uleni kembali hingga elastis. Diamkan adonan selama 45 menit hingga mengembang dua kali lipat.
Kempiskan adonan untuk membuang gas, potong adonan 50 gram, bulatkan dan diamkan kembali 15 menit.
Pipihkan adonan, isi dengan bahan isian secukupnya, bentuk sesuai selera. Celup ke putih telur, gulingkan ke tepung panir. Diamkan 10 menit, lalu goreng di minyak banyak dan terendam hingga matang.


Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts