Laporkan Penyalahgunaan

Rempeyek Kembang Goyang



Ini rempeyek..atau kembang goyang?...Dua2nya..hihi..ini adalah rempeyek yang di cetak pakai cetakan kembang goyang..jadi cantik kan teman2..rempeyeknya. Sudah lama aku nggak bikin rempeyek..gara2 wajan wok cekung dari besi kesayanganku jatuh..dan pinggirnya sedikit retak..jadi nggak bisa lagi dech di buat goreng peyek..paling2 buat bikin nasi goreng masih bisa. 

Kalau wajan lain punyaku kebanyakan bentuk sauce pan modern yang dalam gitu..jadi nggak bisa di buat goreng peyek yang renyah dan tipis2..karena peyek seperti itu kan musti di tempel di sisi wok, terus di siram2 minyak sampai terlepas, baru di goreng hingga kering. Kalau di sendok pakai sendok sayur langsung ke minyak..kurang cocok untuk buat peyek yang tipis dan renyah itu..cocoknya buat bikin peyek jadul yang bulat tebel. Nah..kemaren kepengen makan peyek bikinan sendiri..jadi ingat kenapa nggak di cetak aja pakai cetakan kembang goyang. Ternyata bisa lho..dan peyeknya jadi lebih cantik..bentuknya.

So..mau bikin peyek bentuk lain..yukk cobain di cetak pakai cetakan kembang goyang begini teman2..seru lho..buatnya juga..hasilnya juga lebih cantik dan seregam peyeknya. Untuk resep peyeknya..tetep pakai resep dasar peyek yang sering ku pakai ..cuma isian aku ganti kacang tanah yang di iris tipis2. Selamat mencoba ya teman2..^^
Rempeyek Kembang Goyang

Bahan :
150 gram tepung beras
50 gram tepung tapioka
250 ml santan
1 kuning telur
5 lembar daun jeruk purut, iris halus
100 gram kacang tanah, oven hingga setegah matang, iris tipis2
1 sendok teh kaldu bubuk dan garam sesuai selera

Bumbu halus :
2 siung bawang putih
1/4 sendok teh ketumbar
2 cm kencur, 1 cm kunyit

Cara membuat :
Campur semua bahan rempeyek dan bumbu halus, aduk rata hingga licin dan halus, masukkan kacang tanah.
Panaskan minyak goreng, celup cetakan kembang goyang, biarkan agar cetakan panas, lalu celupkan ke adonan rempeyek, masukkan ke minyak panas, lalu..diamkan sebentar, lalu di goyang2 agar terlepas. Lakukan sampai adonan habis.

Tips :
Celup cetakan sampai batas tinggi cetakan agar mudah terlepas ketika di goyang2. Jika adonan menutupi cetakan..nanti akan sulit lepas.
Adonan rempeyek harus sering di aduk..supaya tidak mengendap di bawah adonannya.




Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts