Laporkan Penyalahgunaan

Rempeyek Jadul & Uji Coba Menggoreng Pakai HCO



Uji coba pertama nich pakai minyak kelapa..atau HCO yang kemaren aku ceritakan di sini. Hari ini lagi pengen rempeyek jadul..yang bulat2..bukan rempeyek model sekarang yang nggak beraturan bentuknya. tapi..karena nggak pakai wajan wok yang cekung ya tetep..bentuknya ndak begitu bulat..hihi. Tapi ndak pa2..paling nggak ada bentuknya. 

Sebenernya bisa sich..pakai snack maker double pan dulu kalau mau bikin rempeyek bulat cantik..di goreng dulu di situ sampai setengah matang..baru di goreng kembali di minyak banyak sampai kering dan renyah. Cara ini sebenernya juga bisa membuat rempeyek dalam waktu yang lebih cepat..daripada harus menunggu lama menggoreng rempeyek satu persatu hingga kering. Jika di matangkan dulu setengah matang, menggoreng hingga keringnya bisa banyak sekalian..kan udah terbentuk peyeknya..jadi nggak masalah. Tapi aku lagi pengen nyoba pakai pan yang biasa aku pakai buat menggoreng..dan hasilnya ndak bisa bulat bagus memang..hihi.

Kalau di tempatku di Yogya..jika ada hajatan..biasanya kami bikin peyek dalam jumlah besar..nah..rempeyek2 tersebut di goreng dulu setengah matang malam hari..pagi hari tinggal di goreng lagi hingga renyah..jadi mempersingkat waktu membuat rempeyek..dan hasilnya ya..no problem tuch nggak ada masalah..hihi..Dan aku cuma menulis cerita tradisi bikin rempeyek kalau di daerahku ya...karena dari jaman aku kecil..ya seperti itulah caranya..^^

Oke dech..kok malah ke mana2 ya ceritanya..aku share resep rempeyek jadul ala ibuku ya teman2..yang renyah tapi nggak terlau empuk kaayk peyek sekerang.kacangnya juga utuh2..nggak di potong kecil2..jika mau langsung di goreng kering satu persatu..atau pakai cara tehnik aku di goreng dulu setengah matang, dinginkan..kemudian di goreng lagi sampai kering..terserah saja ya. Kalau aku sich suka yang tehnik dua kali goreng..jadi..bisa cepat bikin peyeknya. Goreng keduanya harus di minyak banyak dan api jangan terlalu besar..jadi nggak cepat gosong. Selamat mencoba..jika suka ya teman2..oh ya..hasil menggoreng memakai minyak HCO ini oke juga..hasilnya renyah dan walaupun ketika aku cium minyaknya ada aroma khas minyak kelapa jaman dulu..tapi so far nggak terlalu mempengaruhi rasa..cuma aromanya saja yang sedikit mengganggu. Mungkin karena masih tradisional banget ya pembuatannya..jadi masih murni aroma khas minyak kelapanya.
Rempeyek Jadul

Bahan :
250 gram tepung beras
100 gram tepung tapioka
1 butir telur
350 air
1 sendok teh kaldu ayam bubuk
Garam secukupnya
1/4 sendok teh gula pasir
Daun jeruk secukupnya jika suka, iris kecil2 ( aku lagi habis tadi..jadi nggak pake )

Bumbu halus :
2 siung bawang putih
1/2 sendok teh ketumbar
1 cm kencur

Cara membuat :
Campur semua bahan dengan bumbu halus, aduk rata.
Panaskan minyak agak banyak, sendokkan adonan peyek yang sudah di beri kacang tanah atau bahan isian lain, goreng hingga kering dan renyah.

Sisa adonan masih..jadi aku buat goreng tempe juga hingga kering..hari ini serba goreng dech lauknya..^^




Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts