Laporkan Penyalahgunaan

Onde Onde Pandan Kumbu Kacang Tolo


Lagi pengen onde2 kemaren..tapi pengen onde2 yang beda..jadilah bikin onde2 pandan..plus isinya juga beda..pakai kumbu kacang tolo. Enak sekali rasanya kumbu kacang tolo ini teman2..nggak kalah lho rasanya dengan kumbu kacang hijau. Daku lagi suka sama kumbu kacang tolo ini..gara2 pernah beli onde2 di pasar..isinya kumbu kacang tolo ini..kok enak banget..legit dan lebih enak dari kumbu kacang merah yang besar2 itu..jadinya ketagihan dech..sering bikin sendiri di rumah...rasa kumbu kacang tolo ini memang sangat legit dan terasa ndeso gitu..hihi. Suami yang biasanya kurang suka kacang merah..ketika aku ganti kumbu kacang tolo ini..jadi suka lho.

Kacang tolo..memang tidak sepopuler kacang kedelai atau kacang merah ya teman2..karena biasanya yang banyak olahan kacang tholo itu ya di Jawa..misal di masak sayur sambel goreng atau di bumbu brongkos..atau di olah jadi kayak bothok dengan kelapa muda..di buat lentho singkong...itu juga enak banget. Memang aku dari kecil terbiasa makan kacang tolo sich..karena ibuku serig masak di rumah..jadi aneka masakan...jadi sampai sekarangopun sangat suka kacang tolo ini.

Buat teman2 yang jarang ngolah kacang tolo..atau belum tau apa itu kacang tolo..ini aku kasih info sedikit ya tentang kacang tolo ini. Kacang  tolo di sebut juga kacang tunggak adalah sejenis tanaman polong muda dan bijinya biasa di sayur sambel goreng atau di brongkos. Tumbuhan ini relatif tahan kering dan biasa ditanam di pekarangan. Daun mudanya biasa di buat sayur juga. Kacang tolo..ini jenis tumbuhannya mirip sama kacang panjang, tapi beda spesies.
Kacang tunggak banyak variasi bentuknya. Di Jawa kacang ini dikenal dengan beberapa nama seperti kacang dadap, kacang landes, kacang tunggak, dan juga kacang otok serta kacang tolo.
Onde Onde Kacang Merah

Bahan isi:
100 gram kacang tolo, di rebus sampai empuk
100 ml santan sedang kentalnya
50 gram gula pasir , disisir halus
1/4 sendok teh garam
1 lembar daun pandan 
Cara membuat isi :
Blender kasar kacang tolo dan santan. Masukkan gula, garam, dan daun pandan. Masak sampai kalis. Angkat. Bentuk bola-bola. Sisihkan.
Bahan kulit :
250 gram tepung ketan
50 gram kentang kukus,haluskan
50 gram gula pasir halus
½ sdk teh garam
175 ml air hangat ( secukupnya )
100 gram wijen
Pasta pandan secukupnya ( aku asal nuang kemaren..rada kebanyakan..hihi..jadi ijonya genjreng )

Cara membuat :
Campur tepung ketan, kentang, gula pasir, dan garam, aduk rata.
Tuang air hangat sedikit demi sedikit, sambil di uleni sampai kalis dan licin
Ambil adonan kulit, kurang lebih 20 gram, bulatkan, pipihkan lalu isi dengan adonan isi. Gulingkan di wijen.
Goreng hingga matang dan kecoklatan.

Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts