Laporkan Penyalahgunaan

Kare Buncis Kering


Kare..bukan..kari lho..adalah salah satu masakan khas Jawa..yang mungkin di adaptasi dari Kari. Kare bumbunya lebih ringan dari kari..jadi bisa di aplikasikan ke berbagai bahan..misal ke ayam..dll..yang resepnya udah pernah ku posting di sini dulu. Nah..bumbu kare ini juga enak untuk memasak sayuran..seperti buncis ini. Tapi..dengan bumbu yang lebih sederhana, nggak selengkap kare ayam..agar rasanya lebih ringan dan segar. Kare buncis ini bisa di campur juga dengan wortel atau kentang..agar lebih komplet gizinya. Menu ini cocok buat anak2..karena nggak pedas..dan rasanya enak.

Kare buncis kering gini..kalau di tempatku di Yogya jadi salah satu menu besekan kalau ada hajatan..atau pesta2. Semoga bisa menjadi ide menu harian anak2 ya teman2..selamat mencoba..jika suka. Kare ini memang di masak sampai kuah mengental, kemudian di tambah telur..jadi rada2 overcook dikit buncisnya..hihi..tapi malah enak sich..jadi empuk dan meresap bumbu2nya..^^
Kare Buncis Kering

Bahan :
250 gram buncis, potong kecil2
2 buah wortel, potong serasi
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
2 lembar daun jeruk
1 batang serai, memarkan
800  ml santan dari 1/2 butir kelapa
1 sendok teh gula pasir
1/2 sendok teh kaldu ayam bubuk
Garam secukupnya
1 butir telur, kocok lepas
Bumbu Halus: 
6 siung bawang merah 
2 siung bawang putih
3 cm kunyit 
4 butir kemiri, sangrai
1/2 sendok teh ketumbar, sangrai
1/4 sendok teh merica butiran
Cara membuat :
Tumis bumbu halus hingga harum dan matang, masukkan buncis, masukkan santan dan semua bumbu2 lain, masak dengan api kecil hingga bumbu meresap dan kuah menyusut. Masukkan telur, aduk ringan agar telur matang dan berbutir2 seperti orak arik. Sajikan hangat.

Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts