Laporkan Penyalahgunaan

Hungkwe Coklat Putih


Hemmm...maksud hati mau bikin kue pisang hungkwe..kue seperti nagasari yang di bungkus daun pisang..tapi ternyata..adonanku kelembekan..jadilah aku pikir susah membungkusnya dengan daun pisang..akhirnya..aku cetak saja di cetakan puding..problem..solved..!..Hasilnya tetep jadi kue hungkwe potong yang enak dan  lembut..cuma nggak jadi pakai pisang..hihi..cuma aku variasi sedikit adonan aku kasih coklat bubuk..buat variasi. Tapi nich..karena agak lama nunggu adonan putih mengeras..si coklat keburu ngambek dan mengental duluan..jadinya kurang halus lapisan coklatnya. Ndak pa2 dech..daripada nggak jadi kue sama sekali..hihi. 

Penyebab semua masalah di atas..ternyata beda merk tepung hungkwe itu beda berat..atau biarpun sama..ketika di masak hasilnya berbeda. Aku biasanya pakai merk hungkwe layang2..beratnya 120 gram..dan ketika di buat kue pisang hasilnya selalu cepat menggumpal bagus ketika sudah mendidih dengan ukuran cairan yang biasa aku buat dan pas..tekture dan kelembutannya..nah kemaren ganti hungkwe merk lain..walau sama2 120 gram beratnya ternyata hasilnya beda..nggak mau menggumpal dan tetep jadi adonan agak encer kayak bubur..waduch..ya udah..langsung kepikiran taruh loyang aja..dan akhirnya ya bisa mengeras sich setelah di taruh kulkas. Hasilnya jadi super lembut seperti puding..tapi masih bisa di potong..thanks God..! Jika tidak bisa mengeras kan musti di sendokin makannya ..hihi.

Yapp..pelajaran baru..beda merk hungkwe..beda hasil..dan beda juga rasa serta aromanya. Tapi..tetep karena hasilnya enak..ya aku posting saja ya resepnya..anggap aja puding hungkwe..hihi.
Hungkwe Coklat putih

Bahan :
1 bungkus tepung hungkwe yang beratnya 120 gram
1200 ml santan 
200 gula pasir
1/2 sendok teh garam
2 lembar daun pandan
1 sendok teh coklat bubuk, cairkan dengan 1 sendok teh air panas

Cara membuat :
Aduk hungkwe dan santan. Masukkan gula, garam daun pandan.
Masak di api sedang hingga mendidih dan meletup2.
ambil 1/3 adonan, beri coklat bubuk, masak kembali sebentar.
Tuang adonan putih di loyang. Biarkan mengeras, tuang adonan coklat. Biarkan mengeras. 
Jika tidak ada cetakan bongkar pasang, pakai loyang biasa..bisa di buat motif marmer..dll.

Oh ya buat teman2 yang kemaren minta di fotoin cetakan puding bongkar pasang..kayak gini nich bentuknya..^^



Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts