Laporkan Penyalahgunaan

Homemade Hot Dog



Sebenernya..aku nggak begitu suka sama yang namanya hot dog..burger dll. Merasa kurang asyik aja rasanya..yang hanya mengandalkan rasa saus. Jadi..memang jarang beli, apalagi buat sendiri burger atua hot dog..paling2 pas kecil Yodha dulu dia suka..sekarang juga udah nggak lagi. Nah..karena udah lama nggak makan hot dog atau burger..sesekali pengen juga mencoba buatin Yodha..siapa tahu kalau buatan sendiri dia mau lagi. 

Yang jelas kan isiannya lebih enak..karena pakai sosis yang berkualitas. Akhirnya tadi aku coba bikin roti hot dog dan burger sendiri, ternyata ya memang lebih enak bikin hot dog atau burger sendiri di rumah. Rotinya enak..ya mungkin karena fresh dari oven ya..hihi. Isiannya juga sosi berkualitas dan enak..jadi ya enak semua..dan nggak perlu mengandalkan rasa saus banyak2..udah enak dech hot dognya. Biar lebih enak dan gurih..serta ada kriuk2 isinya aku tambah onion ring. Wah..ya makin enak lah..tambah gurih. Dan akhirnya..menu makan siangku adalah..hot dog..hihi. Semoga Yodha menyukainya nanti..^^

Adonan roti hot dog atau burger ini..ya hampir sama dengan adonan roti2 lain. Buat teman2 yang baru belajar bikin roti..liat dulu tips menguleni adonan roti di sini ya..supaya hasilnya oke. Selamat berkreasi dengan hot dog ya teman2..buat yang suka keju..boleh di tambah keju. Saus..kalau suka mayones..boleh di tambahkan juga..suka2 aja dech untuk isian hot dog ini..coba juga pakai isian tumisan ayam..daging dll..juga enak kayaknya..^^
Hot Dog

Bahan Dasar Roti:
150 gram tepung terigu protein tinggi
50 gram tepung terigu protein sedang
35 gram gula pasir
1 sendok teh ragi instan
1 butir telur ukuran kecil ( jika ukuran besar, buang sedikit putih telurnya )
100 ml susu cair dingin ( kurang lebih, jika adonan sudah kalis, hentikan pemberian susu )
35 gram margarin
1/2 sendok sendok teh garam

Bahan Isi:
Selada secukupnya
5 buah sosis, dibelah dua, dipotong sepanjang roti, di goreng sebentar
200 gram saus tomat / sambal sesuai selera atau mayones jika suka
Onion ring secukupnya, resep liat di sini

Bahan olesan (aduk rata):
1 kuning telur
1 sendok makan susu cair

Cara membuat :
Roti: campur tepung terigu, gula pasir, ragi instan. Aduk rata.
Tambahkan telur dan susu dingin sedikit-sedikit sambil diuleni sampai kalis. Masukkan margarin dan garam. Uleni sampai elastis. Diamkan 30 menit.
Kempiskan adonan.Bentuk bulat dengan ukuran sesuai selera. Diamkan 10 menit.
Pipihkan adonan. Bentuk oval. Letakkan di loyang yang dioles margarin. Diamkan 60 menit sampai mengembang.
Oles dengan bahan olesan.
Oven 10 menit dengan suhu 200 derajat celsius sampai matang ( atau tergantung oven masing2 ya ) Belah atas roti. Isi dengan selada. Letakkan sosis, dan saus secukupnya.




Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts