Laporkan Penyalahgunaan

Gembus Bacem


Tempe gembus..atau kalau di Jawa ya cukup sebut saja gembus..adalah sejenis tempe yang di buat dari ampas tahu. Kemudian di beri ragi dan di fermentasi seperti proses pembuatan tempe kedelai biasa. Karena  terbuat dari limbah tahu..tempe gembus nich di anggap kelas rendah dalam kasta makanan..* halah..bahasanya..hihi *. Iya lho..liat saja harganya yang super duper murah..sebiji cuma 200 perak..hihi. Padahal..aku pernah baca ulasan tentang tempe gembus ini di majalah..kata ahli gizi..karena terbuat dari ampas tahu..gembus ini tetep ada gizinya lho teman2..kan ada sari2 kacang kedelai yang nggak ikut kesaring di proses pembuatan tahunya. Wah..kalau pembuat tempe gembus baca..pasti langsung naik kali ya harganya..hihi. Kandungan seratnya juga tinggi lho teman2..tempe gembus ini..serta tak ada lemak sama sekali. Jadi..jangan ragu ya..masak tempe gembus..^^

Tempe gembus ini enak sekali di olah jadi aneka masakan lho teman2..bisa di oseng..di sayur santan...di goreng tepung..dan enak juga buat di bacem. Wah..kalau di bacem ini..asal manis gurihnya pas..enak sekali..nggak kalah enak dech sama bacem tahu. Di makan hangat2 dengan nyeplus cabe rawit...wih..enaknya..hihi.. Oke..buat yang suka tempe gembus..ini aku kasih resep bacem gembusnya ya..walau udah pada pinter sich ya pasti teman2..kalau cuma masak bacem..yach..sapa tahu berguna juga..buat yang baru belajar masak..^^
Gembus Bacem

Bahan :
10 buah tempe gembus, potong serong
800 ml air kelapa ( Secukupnya sampai semua gembus terendam air kelapa )
100 gram gula merah yang warnanya coklat ( sesuai selera )
5 butir bawang merah, iris tipis
3 siung bawang putih, geprek atau iris tipis juga
½ sendok teh ketumbar, haluskan
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
1 sendok teh garam ( secukupnya )
1/4 sendok teh kaldu bubuk

Cara membuat :
Siapkan panci, masukkan tempe gembus dan semua bumbu
Tuangkan air kelapa, lalu tutup hingga rapat, rebus dengan api kecil  sampai air menyusut. 
Jangan menggunakan api besar, karena air akan cepat habis..sementara bumbu belum meresap ke  tempe gembusnya.
Ketika merebus, sesekali balikkan gembus agar bumbu merata, sambil di cicipin misal kurang garam atau gulanya, bisa di tambahkan lagi.
Tips : agar bacem makin enak..dan bumbu meresap, sebaiknya bacem di inapkan dulu sehari semalam, dengan di rendam sisa air berbumbu rebusannya, lalu masukkan kulkas. Jadi ketika di goreng keesokan harinya hasil bacem akan semakin enak, bumbu meresap dan warnanya coklat cantik, seperti kalau kita beli .
Selamat mencoba.
Oh ya..karena di rumahku yang doyan tempe gembus ya cuma aku..akhirnya keesokan harinya..gembus bacemnya aku buat oseng2..hihi...* Mak Irit *. Dan ternyata enak banget, karena tempe gembusnya sudah berbumbu..jadi lebih terasa gurih dan merasuk bumbu2nya..dan numisnya juga sebentar aja..nggak perlu lama2..kan gembusnya udah di bacem dan di goreng. Bumbu osengnya biasa aja ya teman2..kalau mau coba..bawang merah, putih, daun salam dan lengkuas, cabai merah dan hijau besar, biar cantik penampilannya..serta garam, dan kecap secukupnya.





Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts