Laporkan Penyalahgunaan

Cenil Versi Resep Baru


Aku kalau bikin cenil biasa pakai resep praktis saja..tepung tapioka..di adon pakai air panas secukupnya sampai bisa di pulung..udah..habis itu di bentuk lonjong kecil2 atau di pelintir kayak cendol. Ya karena begitulah dari dulu ibuku kalau buat cenil..dan aku ya bikin selalu berhasil. Tapi ternyata ada beberapa teman nyoba pakai cara itu kesulitan ya mengira2 takaran airnya. Memang gampang2 susah mungkin kalau baru pertama nyoba..triknya sebenernya mudah..air di tuang sedikit demi  sedikit..kalau langsung di tuang adonan bisa lembek dan ngalir..kalau kurang air ya..kering dan nggak bisa di pulung..jadi..harus main perasaan juga sich kalau bikin cenil..jangan terpaku pada ukuran di resep ya teman2..dan di resep biasanya ya sudah aku tulis..air secukupnya gitu..kalau adonan belum kalis, di tambah lagi..tapi sedikit demi sedikit.

Nah..sekarang aku bikin lagi versi yang pakai adonan biang yang di masak dulu hingga mengental..semoga resep ini lebih mudah ya teman2..tapi tetep..pakai perasaan ya..jika kira2 masih lembek atau adonan belum kalis..tambahin tepung tapioka sedikit demi sedikit..jangan langsung tambah banyak2 ya..ntar malah jadi kering. Dan..untuk cenil..jangan tambahin tepung lain..ya murni tepung tapioka saja. Untuk rasa juga..jangan berharap aneh2 ya teman2..hihi..rasa cenil dari dulu ya..cuma kenyal2..tawar..tapi begitu di kasih parutan kelapa dan taburan gula pasir..ya jadi enak dan manis.Atau di kasih kuah kinco gula merah yang kental gitu..enak juga..:)

Cenil 

Bahan :
150 gram tepung tapioka
1/4 sendok teh garam
100 ml air secukupnya sampai adonan bis adi bentuk dan di pulung..nggak perlu habis nggak pa2 )
Kelapa parut secukupnya untuk taburan, kukus sebentar, lalu beri sedikit garam, aduk rata.
Gula pasir secukupnya untuk taburan atau kuah kinco gula merah.

Cara membuat :
Ambil dua sendok makan tepung tapioka, aduk dengan air dan garam hingga rata, lalu didihkan dan aduk hingga jadi adonan yang kental dan bening ( kayak lem )
Tambahkan sisa tepung tapioka, uleni perlahan hingga tercampur rata dan jadi adonan yang kalis. Nguleninya harus sabar ya..soalnya adonan lemnya kan licin..suka lari2..perlahan2..nanti lama2 akan tercampur kok. Jika masih kurang kalis, boleh di tambah sedikit lagi tepung tapioka. Bagi adonan jadi 4 bagian, satu biarkan putih, 3 bagian lain beri warna sesuai selera.
Didihkan air, ambil sedikit adonan, pulung dengan dua tangan hingga berbentuk seperti cendol. Masukkan ke air mendidih, rebus hingga mengapung. Tiriskan, lalu gulingkan ke kelapa parut. Sajikan dengan taburan gula pasir atau kuah kinco gula merah.
Tips..: Bikin cenil itu sebenernya fleksibel sekali lho teman..karena dia rasanya ya cuma kenyal2 tawar ya..jadi nggak masalah..jika di rasa masih keras adonan..tambahin saja air...jika rada kelembekan sedikit..ya tambahin tepung tapiokanya..sampai bisa di pulung..jadi main perasaan juga ya..:D..Semangat..semoga bisa menaklukan cenil..buat yang mau coba..:)



Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts