Laporkan Penyalahgunaan

Bakwan Jamur Tiram & Udang


Wah..pagi2..sebenernya mau bikin snack baru buat di foto..eh ada bahan kue yang habis..padahal suami udah berangkat..mau keluar sendiri kok malas..yach..akhirnya nengok bahan di kulkas..cuma ada udang dan jamur tiram..ya udah..bikin bakwan jamur aja..dalamnya di kasih cincangan udang..enak banget dech buat di cemil pagi2..sambil nonton Emergency couple di Channel M..hihi..soalnya lagi premiere di situ...drama Korea baru di Channel M, gantinya *Reply 1994* yang juga keren..tayangnya sich tadi malem episode pertamanya..cuma ngantuk. Tapi tenang aja ndak nonton malem2..kan pagi2 di ulang lagi..jadi..sengaja memang pagi2 nggak mau ke mana2 tadi..ya cuma mau nonton Emergency couple ini..hihi. 

Soalnya..kalau nonton drama Korea..musti mantengin dulu..episode pertamanya..jadi..biar ada chemistry gitu dan tau..ini bakal menarik atau nggak ceritanya..inti ceritanya apa..dll..ketahuan dech di episode pertama..dan..pas nonton emergency couple ini..kayaknya bakalan suka dech aku..seru sepertinya. Bercerita tentang pasangan menikah muda..yang baru setahun menikah, kemudian bercerai..karena beda prinsip dan heboh masih kekanak2 an semua sifatnya..setelah 6 tahun ketemu lagi..masing2 udah jadi calon dokter yang sama2 magang di sebuah rumah sakit. Jadi..bisa di tebak pasti seru dan heboh dech..keseharian mereka lagi tapi musuhan..dan mungkin ya endingnya bersama lagi ntar...hihi..*sok teu..*. Dulu aku ndak suka dra kor yang ber setting dokter2 di rumah sakit..karena ku pikir serius gitu..tapi jadi suka..setelah terakhir nonton dra kor *good doctor* itu bagus banget ceritanya. Yes..jadi ada hiburan baru dech..soalnya aku lagi ndak mau beli DVD dra kor dulu memang..masih banyak kerjaan..soalnya..kalau nonton di DVD..wah..bisa2 lupa masak..lupa nge blog..hihi. Biasa..penasaran endingnya gimana..beda..kalau nonton di tivi kan per episode..jadi bisa sekedar selingan hiburan di pagi hari sambil sarapan..hihi.

Walah..mau posting bakwan aja..kok malah cerita dra kor terbaru ya teman2..hihi..tapi memang ibu2 mana coba ya nggak suka dra kor ya..hihi..lha..pas beberapa waktu lalu..miss2 sekolahnya Yodha..home visit ke rumah..eh setelah cerita2 serius tentang keseharian Yodha di sekolah..pas liat koleksi DVD dra kor ku kok ya ujung2nya malah cerita seru tentang dra kor..hihi..ternyata guru2 Yodha di sekolah juga pada suka drama Korea..^^

Woke dech back to bakwan ya teman2. Dulu pernah bikin bakwan jamur seperti ini juga..cuma kali ini aku tambahin tepung tapioka di adonan, jadi versi bakwan yang garing luarnya dan dalamnya lembut. Dengan tambahan tapioka ini memang jadi berbeda bakwannya...emang hasilnya jadi lebih renyah dan kriuk bagian laurnya. Untuk bumbu juga aku iseng tambahin bawang merah..eh tambah enak juga ternyata. Sayurnya selain jamur juga aku tambahin wortel..biar tambah enak..ada rasa semburat manis2 gitu..dan soalnya Yodha juga lagi suka sama bakwan gini..jadi harus banyak sayurannya buat dia. Yapp..never stop try and learn something new..! Itu prinsipku..walaupun bikin makanan biasa dan sama..tapi dengan di variasi bahan dan bumbu..hasilnya bisa beda ternyata. Enak dech pokoknya..di cemil buat sarapan sambil nyeplus cabe rawit..sambil mantengin si ganteng *Choi Jin Hyuk*..casting utama di *Emergency couple*..hihi.
Bakwan Jamur dan Udang

Bahan :
250 gram jamur tiram, cuci dan suwir suwir kecil
100 gram udang ukuran sedang, kupas, dan cincang / potong kecil2
2 batang daun bawang, potong kecil2
1 buah wortel , iris korek api
Air 100 - 150 ml ( secukupnya sampai adonan cukup kental )
Tepung terigu 100 gram protein rendah atau sedang ( misal : kunci biru atau segitiga biru ), plus 2 sendok makan tepung tapioka
1 sendok teh kaldu ayam bubuk / garam sesuai selera

Bumbu halus :
1 siung bawang putih, 1 sbutir bawang merah
8 butir merica butiran / merica bubuk secukupnya, cuma  aku lebih suka merica butiran kalau untuk bakwan, lebih terasa.

Cara Membuat :
Campur bumbu halus dan semua bahan2 lain..sampai menjadi adonan yang kental. Sendokkan dan goreng di minyak panas sedang dan terendam minyak ya..supaya matang sempurna sampai kuning kecoklatan dan garing bagian luarnya. Sajikan hangat dengan cabe rawit.


Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts