Laporkan Penyalahgunaan

Bakpao Mawar



Mawar kuning..?..Nggak ada kali yach teman2..tapi kalau bakpao mawar,..boleh dong di warnai suka2..salah satunya ya warna kuning..hihi..soalnya mau di warnain merah ..kok habis pewarna makanan merahnya..mau putih aja kok nggak seru..ya udah kuning aja ya..jadilah mawar kuning..^^

Lagi iseng kemaren libur sama Yodha bikin bakpao..dia bikin bakpao landak..hemm..teryata dia masih ingat lho cara bikin bakpao landak..dulu emang pernah sich dia belajar bikin..kemaren tak tes..tak kasih aja adonan..terus dia bentuk lonjong..terus di gunting2 kulitnya..jadi kayak landak gitu. Selain itu dia juga bikin macam2 bentuk hewan2 aneh sesuai imajinasi dia..hihi. Oke dech..kali ini aku share yang bentuk mawar dulu ya..walau udah pernah ku share sich dulu resep bakpao mawar..tapi beda resep..aku lebih suka resep yang ini..karena hasilnya lebih lembut dan mulus bakpaonya. Adonannya oke banget..enak di bentuk2..dan rasanya juga enak..kaya rasa..ndak cuma anyep.

Resep adonan bakpao nggak jauh beda dengan resep bakpao yang udah ku share..cuma..untuk isiannya aku pakai kumbu kacang hijau. Mau coba teman..baiklah aku tulis lagi aja ya resep adonan  bakpaonya.
Bakpao Isi Kumbu Kacang Hijau

Bahan isi :
Kumbu kacang hijau secukupnya..( udah bisa kan ya bikinnya..^^ )

Adonan kulit bakpao :
250 gram tepung terigu protein rendah
65 gram tepung tang mien
3 sendok makan gula pasir halus
1 sachet kecil susu bubuk
1 1/2 sendok teh ragi instan
1 putih telur
150 ml air es
30 gram mentega putih
1/2 sendok teh garam

Cara membuat :
Campur tepung terigu, tepung tang mien, gula, susu bubuk, ragi instan. Aduk rata.
Masukkan putih telur dan air es sedikit – sedikit sambil diuleni sampai kalis. Tambahkan mentega putih dan garam. Uleni sampai elastis. Diamkan 30 menit.
Kempiskan adonan. Timbang masing – masing 25 gram bentuk bulat. Diamkan 10 menit.
Pipihkan adonan. Beri isi secukupnya. Bentuk mawar ( liat step di foto ) Letakkan di atas kertas. Diamkan 40 menit sampai mengembang.( Aku lewati suka melewatkan step fermentasi kedua ini..kalau aku rasa sudah mengembang bagus adonannya, karena selama proses membentuk2 juga perlu waktu dan fermentasi sudah berjalan terus..takutnya over proofing..jadi main perasaan aja ya teman2..)
Kukus 10 menit di atas api sedang sampai matang. Hasilnya..bakpao lembut..menul2 dan gurih..enak dech..pas banget dengan isian kumbu kacang hijau yang legit..^^


Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts