Laporkan Penyalahgunaan

Soto Kudus ( Resep Baru )



Sebenernya tadi nggak ada niatan bikin soto sich hari ini..tapi tadi pas ke pasar beli ayam pejantan satu ekor..aku tinggal meleng milih udang..eh lha kok sama ibu penjual ayamnya di potong kecil2..aduch..padahal aku udah langganan di situ dan selalu nggak pernah mau di potong kecil2 kalau beli ayam, pasti di potong cuma jadi 4 bagian gitu..jadi kalau di masak dan di foto kan lebih cantik. Ya..dengan rada sebel akhirnya kepikiran di buat soto aja dech sampai rumah. Dan akhirnya jadilah menu soto Kudus di rumah hari ini. Cuma..nggak seru dong..kalau bikin soto Kudus dengan resep yang sama yang udah aku posting dulu. Jadi hari ini aku belajar menyempurnakan resep soto Kudus..agar lebih mirip lagi sama citarasa aslinya..ya..walaupun tanpa kecap THG..karena stock kecap THG ku habis..tadi aku pakai kecap lele aja..enak juga kok. Ayam yang udah di potong2 kecil2..aku buat sekalian jadi sate ayam pendamping soto..yaitu sate ayam yang cuma di rebus sama kuah soto dan kecap.

Nah..untuk resep soto Kudus versi baru kali ini..aku pakai bumbu lebih komplit dari resep terdahulu..dan memakai rempah jinten. Setelah matang..kuahnya juga langsung aku kasih sedikit kecap..dan hasilnya enak dech..udah mirip banget rasanya sama Soto Kudus yang sering aku makan. Karena aku ingat ingat..rasa pertama dari kuah soto Kudus adalah gurih sedikit manis, sebelum di tambah kecap dll. Ternyata juga di resep yang terdahulu..bumbu yang aku lewatkan adalah jintennya. Jintennya inilah yang menambah aroma Soto jadi tambah sedep..aroma soto Kudus banget dech..^^

Sipp dech..udah bisa bikin Soto Kudus yang udah mirip2 sama aslinya..jadi harus aku simpan di sini resepnya..supaya nggak lupa..kalau mau bikin lagi ntar. Mau coba teman2..yukk mari silahkan..^^

Soto Kudus 

Bahan :
1 ekor ayam pejantan atau ayam kampung
Air 2000 ml
Daun salam 2 lembar
Daun jeruk 2 lembar 
Serai 1 batang memarkan
Garam secukupnya
Kaldu ayam bubuk 1 sendok teh
Gula merah 1 sendok teh

Pelengkap :
Taoge secukupnya, seduh air panas
Bawang putih goreng secukupnya
Kucai secukupnya, iris kecil2
Daun sledri secukupnya, iris kecil2
Sambal rawit , kecap dan jeruk nipis secukupnya untuk penayajian

Bumbu halus :
6 butir bawang merah
3 siung bawang putih
2 cm jahe
1 cm kunyit
6 butir kemiri, sangrai
1 sendok teh ketumbar, sangrai
1/4 sendok teh jintan, sangrai
1/4 sendok teh merica butiran

Cara membuat :
Tumis bumbu halus hingga benar2 matang dan harum, masukkan ke rebusan ayam. Masukkan bumbu2 lain, lalau masak hingga bumbu meresap. Tambahkan 2 sendok makan kecap manis ke kuah Soto. Saring kuah Soto, sisakan 1/3 kuahnya untuk merebus ayam dan telur puyuh sampai empuk. Potong2 sebagian ayam, tusuki dengan tusuk sate, sebagian lagid i goreng sebentar hingga kekuningan untuk suwiran soto.
Tusuki juga telur puyuh dengan tusuk sate. untuk pelengkap makan soto.
Siapkan nasi dan pelengkap soto lain di mangkuk, lalu siram dengan kuahnya. Sajikan dengan Sate ayam dan telur puyuh.

Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts