Laporkan Penyalahgunaan

Siomay Goreng



Wah....nggak terasa...udah jam segini..padahal baru selesai semua kerjaan..hihi, jadi baru sempat online. Udah sibuk..ini..itu..dari pagi..kok ya masih ada aja yang belum beres. Ternyata,..memang kerjaan sebagai ibu rt..nggak ada matinya ya teman2..kalau di turuti..bisa2 melebihi kerja kantoran..15 jam tak akan cukup..nyelesain semua kerjaan rumah. Memang sich dari beberapa hari kemaren juga lagi seneng menata ulang rumah..biar ada suasana baru dan lagi seneng ganti pernak pernik..dll. Nah..biarpun bukan aku yang ngerjain..tapi ikutan sibuk gitu..beres2 ini..itu..ngatur2 tukang..dan art ku..dll. Dan beneran dech..hasilnya rumah jadi lebih nyaman..hati jadi lumayan riang..liat suasana rumah yang sedikit berubah.Tapi tetep..kegiatan di dapur tetep jalan..tapi baru sempat dech di posting sekarang.

Tadi siang aku buat siomay goreng teman2..karena kemaren mampir ke supermarket deket rumah..kok ada tenggiri yang segar..aku pencet masih kerasa dagingnya..sipp..langsung beli dech..soalnya udah beberapa minggu memang susah cari tenggiri di pasar. Akhirnya di buat siomay aja..tapi siomay versi goreng. Jadi..adonannya nggak perlu di kukus dulu..tapi langsung di bungkus kulit siomay dan di goreng. Rasanya...yummy banget dech. Siomay kukus kan enak..apalagi di goreng..wah tambah gurih dech. Biarpun di goreng..adonan siomay tetep empuk..dan lembut dalamnya..di padu kriuk2 garing renyah kulit siomay..nyam..nyam dech berpadu dengan gurihnya sambel kacang dan kucuran jeruk limau yang seger..just perfect..!  Mau..mau  teman2 ?..Yukk..bikin ya..mudah kok.

Tips..agar siomay empuk dan tidak alot..mengaduk adonan ikan dengan tepung sagu atau tapioka..jangan terlalu lama ya teman2. Untuk siomay goreng ini..biar mateng sampai bagian dalam..goreng dengan api kecil..dan minyak banyak hingga terendam. Selamat mencoba..^^
Siomay Goreng

Bahan :
250 gram daging ikan tenggiri yang sudah di haluskan
125 gram tepung sagu / tapioka
150 gram labu siam, parut halus
2 putih telur
2 siung bawang putih
1 sendok teh garam
1/4 sendok teh penyedap..( jika suka / optional )
1/2 sendok teh gula pasir

Cara membuat :
Campur semua bahan kecuali tepung tapioka, uleni rata dan di banting2 hingga adonan lembut ( atau pakai food processor lebih mudah. Tambahkan tepung tapioka, aduk rata, jangan di uleni lagi. Siapkan 20 buah kulit pangsit khusus goreng. Ambil kulit pangsit, isi dengan siomay secukupnya, bentuk sesuai selera. Lakukan hingga adonan habis. Goreng di minyak panas dan terendam hingga matang dan kulit luarnya renyah. Sajikan dengan sambal kacang. Jika adonan masih sisa..bisa di goreng langsung..jadi dech kayak otak2..atau di isikan ke tahu..jadi siomay tahu.

Sambal kacang : 
200 gram kacang tanah kulit, digoreng
3 siung bawang putih, digoreng
8 buah cabai merah keriting, digoreng
3 sendok makan gula merah( sesuai selera )
2 sendok teh garam
650 ml air hangat 
1 sendok makan air asam jawa (dari 1/2  sendok makan asam jawa dan 2 sendok makan air)
Kecap manis sesuai selera 

Cara membuat : Haluskan kacang tanah, bawang putih, cabai merah keriting, gula merah, dan garam. Tuang air hangat. Masak sampai kental. Tambahkan air asam jawa. Aduk rata. Sajikan dengan jeruk limau kecil2 dan kecap jika suka.





Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts