Laporkan Penyalahgunaan

Resep Cuanki ( Siomay Kuah Khas Bandung )



Sudah pernah denger atau makan Cuanki teman2 ?..Buat yang tinggal di Bandung..pasti sudah nggak asing ya..sama cuanki..karena di sana ada warung cuanki yang terkenal..yaitu Cuanki Serayu. Aku juga cuma baca liputannya sich..di majalah..hihi..belum pernah coba aslinya. Tapi setelah baca reviewnya..cuanki ini tidak jauh beda dengan siomay kuah yang sering aku makan di salah satu outlet bakso dan siomay di food court Paragon mall Semarang..jadi..kayaknya aku bisa dech bikin sendiri di rumah. 

Kebetulan kemaren kan punya tenggiri..jadi pas bikin siomay goreng..adonannya sekalian aku buat siomay kukus dan isian tahu..jadi..satu adonan bisa jadi macam2..siomay komplet buat Yodha..siomay kukus buat papinya..siomay goreng buat aku..hihi..soalnya sukanya sendiri2 sich kalau makan siomay. Nah..sisanya masih banyak aku simpan di freezer buat stock. Tadi pagi...mau sarapan ingat masih punya stock aneka siomay..aku jadi kepikiran pengen bikin cuanki ini. Kan..pas banget..dari beberapa review yang aku baca juga di internet..cuanki isinya adalah semacam bakso kuah bening yang isinya siomay dari ikan tenggiri..yang di bentuk bulat, siomay goreng, dan di isikan ke tahu putih. Pas..kan..aku punya semua itu bahannya..hihi. Nah..tinggal kuahnya..katanya adalah kuah bening yang bumbunya minimalis tapi seger..bayanganku sich langsung    kebayang kayak kuah bakso / siomay Sriboga di food court Paragon mall Semarang itu..emang kuah bening dan seger..oke..mudah..udah sering bikin kalau kuah kayak gitu. 

Akhirnya..tadi pagi sarapan cuanki yang seger dech. Memang enak banget kok..kuahnya seger dan ringan..di padu gurihnya aneka siomay..di tambah sambal rawit dan kecap..wah benar2 enak..nggak kalah dech sama siomay kuahnya bakso Sriboga. Cuma memang belum bisa membandingkannya dengan cuanki Serayu..karena aku belum pernah coba aslinya di Bandung sana..hihi. Jadi anggap aja ini cuanki ala aku ya teman2. Adonan siomay masih sama dengan adonan siomay goreng kemaren..jadi siomaynya enak..lembut dan terasa banget ikan tenggirinya.
Resep Cuanki

Bahan :
250 gram daging ikan tenggiri yang sudah di haluskan
125 gram tepung sagu / tapioka
150 gram labu siam, parut halus
2 putih telur
2 siung bawang putih
1 sendok teh garam
1/4 sendok teh penyedap..( jika suka / optional )
1/2 sendok teh gula pasir

Cara membuat :
Campur semua bahan kecuali tepung tapioka, uleni rata dan di banting2 hingga adonan lembut ( atau pakai food processor lebih mudah. Tambahkan tepung tapioka, aduk rata, jangan di uleni lagi. Bagi adonan jadi 3 bagian, satu bagian di bentuk bulat2, satu bagian di isikan ke tahu puitih serong, lalu kukus keduanya selema 30 menit. Sisanya di goreng langung dengan kulit pangsit..kayak bikin siomay goreng kemaren.
Siapkan 10 buah kulit pangsit khusus goreng. Ambil kulit pangsit, isi dengan siomay secukupnya, bentuk sesuai selera. Lakukan hingga adonan habis. Goreng di minyak panas dan terendam hingga matang dan kulit luarnya renyah, lalu potong2. Sajikan 3 macam siomay tersebut dengan kuah dan taburan bawang merah goreng serta seledri cincang. Kalau aku aku tambah juga selada juga..kayak di siomay kuah Sriboga..enak..dan tambah seger.

Kuah :
1000 ml kaldu ayam
3 siung bawang putih goreng, memarkan
2 batang daun sledri , ikat utuh
Garam / kaldu ayam bubuk, merica dan gula pasir secukupnya.
Bawang goreng seckupnya
Daun bawang dan sledri iris secukupnya untuk taburan
Daun selada secukupnya

Cara membuat :
Masak kaldu ayam dan bumbu2 sampai mendidih. Sajikan dengan aneka siomay, daun bawang dan sledri, serta irisan daun selada. Sajikan hangat dengan kecap dan sambal rawit..seger...! ^^

Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts