Laporkan Penyalahgunaan

Pizza Ayam Jamur



Kemaren sore..aku tanya Yodha..mau makan nasi atau pizza..eh dia jawab langsung..pizza..katanya. Oke dah..tunggu 20 menit ya..pizzanya segera siap..aku bilang ke Kakak. Heran ya teman2..kok Pizza bisa siap dalam 30 menit,..hihi..bukan sulap..bukan sihir..dan bukan juga beli di pizza hut..karena memang aku udah nyetok roti pizza yang setengah matang..di freezer..jadi sewaktu2 Yodha mau pizza..tinggal di oven lagi bentar..kasih toping, keju mozza..terus panggang dech sampai keju meleleh..rasanya..sama kok..kayak kalau bikin adonan baru..tetep empuk dan pulen roti pizzanya. Jadi nggak perlu bolak balik bikin adonan lagi dech...bisa bikin bayak adonan sekalian..terus di panggang dulu sekitar 10 menit..jadi dech pizza yang setengah matang, dinginkan..lalu simpan di freezer..dan bisa di gunakan sewaktu2 kalau mau makan pizza. Soalnya..kalau bikin adonan baru terus kan lama ya teman2..musti tunggu waktu fermentasi..45 menit segala..^^

Nah...kali ini aku bikin pizza ayam jamur. Toping pizza itu sebenernya bisa variataif dan sesuai kreasi kita sendiri lho teman2..nggak harus toping sosis..daging asap dll. Pizza sayuran aja juga enak..atau daging cincang..ayam..seafood dll..pokoknya tergantung kita sendiri dech berkreasi dengan toping pizza yang kita sukai. Tapi kalau aku ..bahan yang wajib ada itu adalah bawang bombay. Bawang bombay itu enak sekali kalau di jadiin toping pizza..karena setelah di panggang tuch jadi manis rasanya..cocok berpadu dengan aneka toping lainnya. Tumis sebentar bawang bombay dan toping lainnya ya teman2 agar lebih manis rasa bombaynya dan manggang pizzanya juga nggak perlu lama2...karena topingnya udah matang. Untuk daging cincang..bisa langsung di tumis..tapi kalau ayam...aku lebih suka daging ayam rebus yang di iris tipis2..jadi udah empuk dan juga enak. Ayamnya kemaren aku tumis sebentar pakai saus tiram dan merica. Akan lebih enak lagi sich kalau di tumis pakai saus lada hitam..cuma terlalu pedas ya kalau buat anak2..jadi pakai saus tiram aja..enak juga kok. Jadi topingnya sendiri udah berasa bumbu..jadi nggak sekedar toping tawar..kayak kalau beli tuch pizzanya. Jadi anggap aja ini pizza versi lokal..hihi..ala aku..tapi malah enak sich menurutku dan suami..karena lebih terasa bumbu2nya..jadi nggak perlu tambahan saus tomat atau sambal lagi..makan pizzanya, udah enak dech. Biasa kan..kalau kita makan di resto pizza itu..suka banget nambahin banyak saus ya di atas pizza..soalnya memang ya karena memang tawar2 aja rasa pizzanya..^^

Oke ini dia resep pizzanya ya teman2..jika mau coba..^^
Pizza ayam Jamur
( Untuk 4 bulatan roti pizza ukuran besar )

Bahan roti pizza :
400 gram tepung terigu protein tinggi
1 sendok makan gula pasir
1 sendok teh garam
2 sendok makan minyak goreng
1 sendok teh ragi instan, campur dengan kurang lebih 270 ml air hangat ( bukan panas ya ), diamkan hingga berbusa sekitar 15 menit.

Cara membuat :
Campur tepung terigu, garam dan gula, masukkan campuran ragi dan air sedikit demi sedikit sambil di uleni hingga adonan kalis. Masukkan garam dan minyak goreng, uleni lagi hingga elastis.
Diamkan adonan hingga mengembang dua kali lipat, sekitar 45 menit. Kempiskan adonan..lalu bagi 4 bagian.
Diamkan lagi 10 menit. Tipiskan adonan di loyang yang di oles sedikit minyak, bentuk bulat tipis2. Adonan pizza yang baik..sangat lentur..jadi cukup mudah di tipiskan dengan tangan. Tusuk2 dengan garpu. 
Panggang selama 10 menit di suhu tinggi ( tergantung oven masing2 ) hingga setengah matang. Dinginkan. Kemas di wadah tertutup jika mau di simpan di freezer..atau langsung di beri toping sesuai selera...lalu di panggang kembali hingga matang.
Toping Ayam Jamur 

Bahan :
150 gram daging dada ayam rebus, potong tipis2
50 gram jamur merang, iris tipis2
1 buah bawang bombay, potong panjang2
2 sendok makan saus tiram
2 sendok teh gula pasir
1/4 sendok teh merica bubuk

Tumis bawang bombay hingga harum, masukkan ayam, saus tiram, gula dan merica..aduk rata dan tumis sebentar. Koreksi rasa..jika kurang gurih boleh di tambah sedikit garam..tapi saus tiram biasanya udah agak asin..jadi aku jarang tambah garam kalau pakai saus tiram.

Saus olesan sesuai selera..bisa saus tomat aja yang praktis..atau di campur sedikit saus barbeque..pokoknya yang praktis2 saja dech..soalnya topingnya udah berbumbu.

Penyelesaian :
Ambil satu buah roti pizza yang sudah setengah matang, olesi saus olesan secukupnya, lalu tata tumisan toping ayam jamurnya. Beri keju mozzarela di atasnya, lalu panggang dengan suhu tinggi di oven sampai keju meleleh sekitar 10 menit. Sajikan segera hangat2 agar keju lebih terasa.




Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts