Laporkan Penyalahgunaan

Pastel Goreng Isi Komplet


Beberapa hari ini papinya Yodha lagi malas makan nasi untuk makan malam..akhirnya bikin cemilan2 yang mengenyangkan saja..salah satunya ya..pastel ini..cemilan favorit suami. Memang sich..kalau di pikir2..pastel ini mirip2 pie luar ya..tapi karena kulit luarnya sama renyah dan isinya udah komplet juga. Cuma..biasa..kalau snack2 ala Indonesia kan di goreng..jadi tentu saja lebih gurih, kalau pie kan di panggang kulitnya. Pastel ini udah mengenyangkan ya..lha isinya kan udah komplet..ada kentang, wortel, soun, ayam cincang..dll..jadi nggak makan nasi pun ya nggak masalah kalau makan pastel ini..^^

Biasanya bikin pastel aku paling isi ayam..kentang dan wortel..kali ini biar makin komplet aku tambah soun dan kacang polong..jadinya ya tetep enak..tapi tambah komplet aja isinya. Cuma minus telur rebus aja..karena kemaren pas udah mau membentuk pastelnya..lupa dech merebus telurnya. Ya udah..tanpa telur rebus dech pastelnya. Kulit pastel, masih sama dengan resep kulit yang sering aku pakai..yang tanpa telur..karena hasilnya lebih tahan lama renyahnya. Kalau kulit pastel pakai telur itu..kalau dingin suka kayak melempem gitu kulitnya. Untuk pastel..aku lebih suka juga memilin manual dari pada pakai cetakan..lebih cepet aja jadinya..daripada musti ngepasin besar kecil kulit pastel di cetakan..hihi.

Oke..suka pastel teman2..yukk bikin sendiri di rumah...enak dech..makanya nggak berani bikin sering2..soalnya aku juga suka banget sama pastel..takut nggak bisa berhenti makannya..hihi.
Pastel Goreng Isi Komplet

Bahan kulit :
100 gram tepung terigu protein sedang
Garam 1/4 sendok teh
Margarin 1 sendok makan
Air hangat 35 ml

Ayak terigu, garam, masukkan margarin, aduk sampai berbutir. Tuang air hangat sedikit demi sedikit, aduk sampai bergumpal. Gilas tipis..adonan kulit siap digunakan .

Bahan isi :
200 gram daging dada ayam, rebus, lalu potong dadu kecil2
3 buah wortel, rebus sebentar , lalu potong dadu kecil
2 buah kentang, rebus hingga empuk, potong dadu kecil
Kacang polong 25 gram ( optional )
Soun 1 bungkus kecil, seduh dengan air panas sampai lemas, tiriskan, potong2
Daun seledri secukupnya
1/2 butir bawang bombay, cincang halus
1 butir bawang putih, haluskan
2 butir bawang merah, haluskan
Gula pasir sesuai selera
Garam / bumbu kaldu sesuai selera
Merica bubuk 1/2 sendok teh
Pala bubuk 1/8 sendok teh 

Tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum, masukkan daging ayam, aduk rata. Masukkan wortel dan bahan2 lain, serta bumbu2. tambahkan sedikit air supaya bumbu bisa rata. Lalu masak dan aduk sampai kering. Koreksi rasanya. Terakhir masukkan seledri yang sudah di rajang halus. Angkat. Biarkan dingin.

Penyelesaian :
Ambil kulit pastel secukupnya, bentuk bulat pipih tipis, beri adonan secukupnya, lalu goreng di minyak panas hingga matang dan keemasan. Sajikan dengan cabai rawit.


Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts