Laporkan Penyalahgunaan

Oseng Kikil dan Tempe Cabai Hijau


Kikil..cingur..cecek..atau apa lah..semua bagian kulit sapi yang kenyil2..aku suka banget..enak sich unik rasanya..apalagi kalau masih ada sedikit daging yang nempel2 di bagian dalamnya..wah itu enak banget. Biasanya kikil memang masih sebatas aku oseng tapi masaknya..atau di buat sate kikil..kayak yang ada di warung soto Mbok Giyem Boyolali..itu juara banget sate kikilnya. Untuk masakan lain..seperti mie kikil..soto kikil..lontong kikil dll masakan kikil yang berkuah..memang belum niat mencoba...soalnya takut amis gitu kalau di buat masakan berkuah..tapi sekali waktu nanti perlu di coba juga sich..kan mana tau rasanya enak atau tidak ya..kalau belum coba. Tapi yang jelas..olahan kikil favoritku tetep..oseng kikil..cabe hijau dan berkecap gini..hihi. Biasanya cuma kikil aja yang di oseng..atau aku tambahin tahu..atau tempe..kayak yang aku masak kemaren..semuanya enak.

Agar kikil tidak amis..sebelumnya harus di rebus dulu dengan lengkuas, jahe dan daun salam..di jamin nggak amis dech...dan juga sudah empuk dulu..jadi siap di olah. Oh iya..lupa..selain di olah jadi oseng cabai hijau..ada salah satu masakan kikil andalanku yaitu oseng2 kikil mercon yang super pedas..karena pakai cabai rawit merah yang banyak..resepnya udah pernah aku share dulu di sini. Jadi sekarang aku share yang oseng cabai hijau berkecap aja ya olahan kikilnya. Nah biar beda kali ini pakai tambahan tempe dan juga pete. Enak dech teman2..di makan pakai nasi hangat yang ngepul dan kerupuk aja..udah sipp dech. Selamat mencoba ya..jika suka olahan kikil teman2...^^
Oseng Kikil dan Tempe Cabai Hijau.

Bahan :
250 gram kikil sapi
Tempe 200 gram, potong kotak2 kecil, goreng hingga matang, tapi jangan sampai kering.
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, geprek
2 cm jahe, geprek
1 1/2 sendok makan kecap manis ( sesuai selera )
1 sendok teh gula merah.
1 sendok teh terasi
1 sendok teh kaldu sapi bubuk dan garam secukupnya
1/2 papan pete, belah dua
6 buah bawang merah, iris tipis
4 siung bawang putih, iris tipis
10 buah cabai rawit hijau, iris tipis
15 buah cabai hijau, iris tipis

Cara membuat :
Rebus kikil dengan jahe, lengkuas dan daun salam hingga matang dan empuk. Potong2 kotak kecil.
Tumis bawang merah dan bawang putih hingga  harum, masukkan terasi dan cabai, tumis kembali hingga matang dan harum, masukkan sedikit air kira2 200 ml, dan bumbu2 lain. Masukkan kikil dan tempe , masak hingga meresap. Koreksi rasa sebelum di angkat. Sajikan hangat.





Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts