Laporkan Penyalahgunaan

Lontong Tuyuhan Khas Rembang


Sudah sarapan teman2 ?..Mau sarapan yang beda ? Ayuk ke Rembang..di sana ada kuliner khas namanya Lontong Tuyuhan. Kejauhan ke Rembang buat sarapan?..Ya udah..ayuk masak sendiri di rumah ya lontong tuyuhannya..jadilah menu sarapan khas Rembang ini..tersaji hangat di rumah. Apa bedanya lontong tuyuhan dengan lontong opor biasanya ?..Kayaknya sama ya ?..Beda teman2..! Citarasanya sangat berbeda..karena kuah opornya memakai campuran bumbu cabe rawit ..jadi terasa pedas dan lebih nendang rasanya. Dulu pertama nyoba..agak ragu juga...bumbu kuah opor kok pakai cabe rawit..tapi setelah nyoba..enak ternyata. Kuahnya jadi semriwing pedas cabe rawit yang khas..cuma memang nggak di rekomend buat anak2 ya...karena pakai cabe rawit pedasnya...kecuali buat anak yang udah biasa makan pedas ya nggak masalah sich..kalau Yodha aku kasih kemaren..udah marah2 dia...hihi.

Jadi..sesekali membuat masakan yang agak keluar dari zona aman masakan harian biasa yang sudah sering kita bikin..misal opor biasa gitu..menurutku kok malah menarik dan menantang..jadi lidah juga bisa mencecap berbagai varian rasa masakan baru..jadi prinsipnya kalau aku..coba..dan rasakan aja dech..kalau kita mencicipi suatu masakan baru dari suatu daerah..kalau suka..bakalan sering2 memasaknya lagi..kalau nggak..yag cukup sekali saja..buat nambah2 ilmu kuliner aja..^^

Oh ya..lontong Tuyuhan ini..kalau di Rembang memang jadi menu untruk sarapan..penjualnya banyak sekali di sana..terpusat di satu tempat...yaitu di desa Tuyuhan, Kecamatan Pancur Kabupaten Rembang. Oleh karena itulah hidangan ini di kenal dengan nama lontong Tuyuhan. Pilihan lauk untuk lontong Tuyuhan ini..bisa ayam..tempe..telur, jerohan ayam dll..semuanya di ungkep dengan bumbu opor pedas ini kemudian di sajikan dengan lontong dan di siram kuahnya. Rasanya..enak..seger...pedasnya semriwing tapi lumayan nendang..karena sudah tercampur rata di kuahnya..jadi nggak perlu sambal lagi dech.
Lontong Tuyuhan

Bahan :
Lontong siap pakai secukupnya
Bawang goreng secukupnya untuk taburan

Kuah Opor Pedas 
Bahan :
1 ekor ayam pejantan
Telur rebus 3 butir, kupas
Tempe 1/2 papan, potong tipis
Santan sedang kentalnya 1,5  liter
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
2 lembar daun jeruk purut
1 batang serai, memarkan
Garam dan kaldu ayam bubuk sesuai selera
Gula merah 1/2 sendok makan

Bumbu halus :
8 butir bawang merah
4 siung bawang putih
6 butir kemiri, sangrai
1 sendok teh ketumbar , sangrai
1/4 sendok teh jintan, sangrai
Merica bubuk 1/2 sendok teh
2 cm kunyit, bakar
2 cm jahe
6 buah cabai rawit merah
4 cabai merah

Cara membuat :
Tumis bumbu halus hingga matang dan harum, masukkan ayam, aduk rata hingga berubah warna, lalu masukkan santan, bumbu2 lain, telur dan tempe. Masak dengan api kecil hingga ayam empuk dan bumbu meresap. Koreksi rasa. Sajikan dengan lontong dan taburan bawang goreng.

Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts