Laporkan Penyalahgunaan

Lontong Sayur


Menu mur mer dan simple..lontong sayur..cocok buat sarapan teman2. Sebenernya sich lebih enak lagi kalau ada empal daging atau ayam opornya ya..tapi karena belum masak lauknya..pakai sayurannya aja udah enak kok..cukup di tambah telur rebus dan kerupuk..udah jadi hidangan sarapan yang enak dech.

Selain pakai lontong..sayur ini juga cocok di makan sama ketupat..sambal goreng ati..dan lauk pauk lain. Tapi jika mau hemat ya cukup begini saja udah enak kok..hihi...atau pakai lauk mur mer lain..misal tahu..tempe bacem..juga enak..karena sayurnya aja udah gurih banget..karena pakai ebi. Jika tidak suka ebi..bisa juga kok pakai udang segar teman2. Tapi kalau pakai udang untuk campuran sayur berkuah gini..pilihlah udang yang masih segar ya teman2..supaya menyumbang kaldu dan aroma kuah yang gurih dan nggak amis. Kalau udang udah nggak segar..kalau di buat masakan berkuah..aromanya kan sangat amis...dan merusak rasa masakannya.

Oh iya..labu siam..bisa di ganti pepaya muda juga lho..dan rasanya tak kalah enak..aku sering masak lontong sayur pakai pepaya mudah juga..tapi sekarang jarang..pohon pepaya sayur di depan rumah yang kemaren sangat lebat buahnya..ambruk..hihi..karena kena angin dan kebayakan buahnya. Jika pakai labu siam..masaknya jangan kelamaan ya teman2..supaya tetep ada tekture labunya. Kalu terlalu lembek jadi kurang enak dech ..nggak kerasa lagi sayur labunya.

Oke..mau sarapan lontong sayur teman..yukk..bikin dulu ya..^^
Lontong Sayur

Bahan :
Lontong siap pakai secukupnya
Bawang merah goreng secukupnya
Bahan-bahan:
2 buah labu siam, kupas, iris tipis bentuk korek api, lemaskan dengan sedikit garam, lalu cuci bersih
1 ikat (10 batang) kacang panjang, iris panjang 1 cm
1 papan petai , iris serong
2 ruas lengkuas, geprek
2 lembar daun salam
8 buah bawang merah, iris tipis
5 siung bawang putih, iris tipis
1,2  liter santan dari ½ butir kelapa
Garam / bumbu kaldu dan gula merah / pasir secukupnya
Minyak untuk menumis

Bumbu yang dihaluskan:
10 cabai merah
30  gram ebi, direndam air panas sampai lunak

Cara Memasak :
• Tumis bawang merah dan bawang putih iris sampai harum
• Masukkan bumbu halus, sereh, lengkuas, daun salam, dan daun jeruk, tumis sampai bumbu matang
• Masukkan labu siam dan kacang panjang, tumis sampai sayuran layu
• Tuang santan, beri garam / bumbu kaldu dan gula secukupnya. Masak sampai mendidih.
• Angkat, hidangkan dengan ketupat atau lontong

Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts